Rabu 24 Aug 2022 18:51 WIB

Politisi BJP Penghina Rasulullah Dibebaskan, Unjuk Rasa Berlanjut di India

Singh keluar dari penjara setelah pengadilan setempat memberinya jaminan

Rep: Rossi Handayani/ Red: A.Syalaby Ichsan
Menghina Nabi Muhammad / Thakur Raja Shingh
Foto: indianexpress.com
Menghina Nabi Muhammad / Thakur Raja Shingh

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Unjuk rasa berlangsung di Hyderabad di negara bagian Telangana India untuk memprotes  seorang anggota parlemen dari Partai Bhartiya Janata (BJP), Thakur Raja Singh. Thakur sebelumnya ditangkap karena membuat pernyataan menghina tentang Nabi Muhammad dan dibebaskan dengan jaminan.

Anggota BJP dari Majelis Legislatif negara bagian ini, merilis sebuah video pada Senin (22/8) yang menunjukkan dia membuat komentar menghina terhadap Rasulullah SAW. Dia ditangkap pada Selasa (23/8) pagi setelah dilaporkan atas beberapa kasus  saat protes muncul di beberapa tempat di kota itu pada Senin malam menuntut penangkapannya.

Pada Selasa malam, Singh keluar dari penjara setelah pengadilan setempat memberinya jaminan. Protes kembali terjadi setelah pemimpin BJP dibebaskan, berlanjut sepanjang malam di beberapa tempat di kota, dan tetap damai.

"Satu-satunya tuntutan semua orang adalah bahwa tindakan tegas harus diambil terhadapnya. Dia berulang kali membuat pernyataan yang menghina Islam," kata seorang penjaga kuil di Hyderabad, Abdul Kader Saani, dilansir dari laman TRT World pada Rabu (24/8).

Pada Selasa, BJP memerintahkan penangguhan anggota parlemen dari partai, sambil menunggu penyelidikan. Di samping itu, menurut polisi Hyderabad, anggota BJP dari Majelis Legislatif negara bagian ini ditangkap pada Selasa pagi, setelah beberapa kasus didaftarkan terhadapnya di berbagai lokasi. "Kami telah menangkapnya. Rincian lebih lanjut akan segera dibagikan," kata seorang perwira polisi senior di Hyderabad, Joel Davis.

Belum lama ini juru bicara BJP, Nupur Sharma, membuat pernyataan menghina tentang Nabi selama debat TV. Ini menimbulkan kecaman luas baik di dalam negeri maupun di dunia Muslim.

Pernyataannya dikutuk oleh pemerintah India. Partai BJP kemudian menskorsnya. Juru bicara BJP lainnya, Naveen Kumal Jindal, dikeluarkan dari partai karena membuat komentar di media sosial yang mendukung Sharma dan menentang Islam.

 

https://www.trtworld.com/asia/protests-continue-in-india-as-bjp-lawmaker-gets-bail-after-prophet-remarks-60092

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement