Tempat Pembuatan Kopra di Kaligondang Purbalingga Ludes Terbakar

Rep: Idealisa Masyarafina/ Red: Fernan Rahadi

Pihak kepolisian di tempat pembuatan kopra yang ludes terbakar di Desa Sinduraja, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Rabu (24/8/2022) malam.
Pihak kepolisian di tempat pembuatan kopra yang ludes terbakar di Desa Sinduraja, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Rabu (24/8/2022) malam. | Foto: Dok. Polres Purbalingga

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Sebuah tempat pembuatan kopra terbakar di Desa Sinduraja, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Rabu (24/8/2022) malam. Akibatnya, bangunan tersebut ludes dilalap api berikut peralatan yang ada di dalamnya.

Kapolsek Kaligondang AKP Sugeng Tugin menjelaskan, kebakaran diketahui pukul 21.00 WIB menimpa tempat pembuatan kopra berukuran 5x6 meter milik Jaemah (62 tahun) warga Desa Sinduraja RT 2 RW 4, Kecamatan Kaligondang.

"Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Namun tempat pembuatan kopra berikut peralatan serta hasil produksi kopra milik korban turut terbakar," jelas Kapolres, Kamis (25/8/22).

Berdasarkan keterangan korban, sebelum kejadian ia sedang membuat kopra dengan menggunakan mesin oven berbahan bakar tempurung kelapa. Kemudian ditinggal masuk ke dalam rumah yang berjarak kurang lebih tiga meter.

Saat korban berada di dalam rumah, terdengar teriakan kebakaran dari warga. Saat dilakukan pengecekan ternyata tempat pembuatan kopra sudah terbakar. Kemudian warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

"Penyebab kebakaran diduga akibat api sebagai bahan bakar oven menyambar tumpukan tempurung kelapa di dekatnya, sehingga kemudian menjalar menyebabkan kebakaran," jelasnya.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian yang ditaksir mencapai Rp 30 juta. Selain bangunan yang hangus terbakar, ada juga mesin oven kopra yang terbuat dari besi berukuran 2x3 meter dan hasil produksi kopra sebanyak 2000 buah ikut terbakar.

Terkait


Anak Korban Kebakaran di Tasikmalaya Meninggal Dunia

Kebakaran Hutan Perhutani di Situbondo Jatim

Ratusan Warga Simprug Golf Kehilangan Tempat Bernaung

Kebakaran Rumah di Tasikmalaya, Dua Orang Luka Serius

3 Hektare Lahan di Barito Kuala Kalimantan Selatan Sempat Terbakar    

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark