Kamis 25 Aug 2022 14:46 WIB

Jelang Diresmikan Anies, Pemkot Jakbar Bersihkan Kota Tua

Pemkot Jakarta Barat membersihkan seluruh kawasan Kota Tua jelang diresmikan Anies.

Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah pekerja membersihkan salah satu kolam di kawasan Kota Tua, Jakarta, Rabu (24/8/2022). Pemkot Jakarta Barat membersihkan seluruh kawasan Kota Tua jelang diresmikan Anies.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Sejumlah pekerja membersihkan salah satu kolam di kawasan Kota Tua, Jakarta, Rabu (24/8/2022). Pemkot Jakarta Barat membersihkan seluruh kawasan Kota Tua jelang diresmikan Anies.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Barat membersihkan seluruh kawasan Kota Tua, Taman Sari, menjelang peresmian oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedanpada Jumat (26/8).

"Semuanya dikerjakan secara bersama selama dua jam, dalam rangka kesiapan pelaksanaan aktivasi peresmian revitalisasi Kota Tua oleh Pak Gubernur," kata Sekretaris Kota Jakarta BaratIin Mutmainahsaat ditemui di Kota Tua, Kamis (25/8/2022).

Baca Juga

Iin menjelaskan, pembersihan itu dilakukan mulai dari pedestarian kawasan Kota Tua, halaman taman hingga beberapa fasilitas umum untuk para pengunjung.

Dalam kegiatan ini, pihaknya merangkul beberapa suku dinas (sudin) terkait, yakni Suku Dinas Lingkungan Hidup, Suku Dinas Kehutanan dan Taman Kota, Suku Dinas Perhubungan, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) hingga Satpol PP Jakarta Barat (Jakbar).

"Per UKPD ada 50 personel. Jadi kita saling kerja sama dan bahu membahu untuk menyelesaikan kegiatan bersih bersih ini," kata Iin.

Iin menilai kawasan Kota Tua sudah cukup tertata rapi bersih. Beberapa Pedagang Kali Lima (PKL) yang dahulu kerap muncul di kawasan Kota Tua sudah terlihat lagi. Dia berharap kondisi ini bisa terjaga hingga hari peresmian dan seterusnya.

"Kita minta warga dan para pengunjung juga terlibat dalam merawat dan menjaga Kota Tua agar tetap dalam keadaan bersih," kata dia.

Puluhan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) juga melakukan pembersihan di beberapa lokasi. Salah satu lokasi yang dibersihkan, yakni Jalan Kali Besar, tepatnya di depan gedung Kementerian Keuangan yang dijadikan tempat relokasi PKL Kota Tua. Di sepanjang jalan itu, petugas menyapu dan membersihkan sampah.

Tidak hanya membersihkan jalanan, petugas juga membersihkan bagian dalam bangunan Kementerian Keuangan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement