Jumat 26 Aug 2022 11:45 WIB

Jepang Janjikan 30 Miliar Dolar AS untuk Afrika

Bantuan Jepang berpusat pada pembangunan SDM untuk mendorong ekonomi.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Jepang berjanji gelontorkan 30 miliar dolar untuk bantu pembangunan Afrika.
Foto: Rodrigo Reyes Marin/Pool Photo via AP
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Jepang berjanji gelontorkan 30 miliar dolar untuk bantu pembangunan Afrika.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Jepang berjanji gelontorkan 30 miliar dolar untuk bantu pembangunan Afrika. Surat kabar Sankei Shimbun melaporkan janji ini disampaikan dalam konferensi pers di Tunisia pekan ini.

Harian itu menjelaskan bantuan tersebut akan berpusat pada pembangunan sumber daya manusia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Bantuan itu akan diumumkan Perdana Menteri Fumio Kishida di Konferensi Internasional Tokyo pada Pembangunan Afrika (TICAD) pada Jumat (26/8/2022).

Baca Juga

Kishida akan menghadiri pertemuan tersebut lewat virtual karena masih dalam pemulihan Covid-19. Pemerintah Jepang belum memberikan komentar tentang laporan tersebut.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan topik lain seperti ketahanan pangan bagi Afrika di tengah invasi Rusia ke Ukraina serta perubahan iklim dan mendorong bisnis ramah lingkungan juga akan dibahas dalam TICAD.

TICAD kedelapan digelar untuk pertama kalinya sejak 2019 dan yang kedua yang digelar di Afrika. Kegiatan ini digelar bersama PBB, Bank Dunia dan Komisi Uni Afrika.

Menteri Luar Negeri Yoshimasa Hayashi akan menghadiri pertemuan ini. Ia akan dijadwalkan bertemu menteri luar negeri Tunisia sebelum menghadiri pertemuan inti.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ جَعَلَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فِيْ قُلُوْبِهِمُ الْحَمِيَّةَ حَمِيَّةَ الْجَاهِلِيَّةِ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَعَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَاَلْزَمَهُمْ كَلِمَةَ التَّقْوٰى وَكَانُوْٓا اَحَقَّ بِهَا وَاَهْلَهَا ۗوَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا ࣖ
Ketika orang-orang yang kafir menanamkan kesombongan dalam hati mereka (yaitu) kesombongan jahiliah, lalu Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya, dan kepada orang-orang mukmin; dan (Allah) mewajibkan kepada mereka tetap taat menjalankan kalimat takwa dan mereka lebih berhak dengan itu dan patut memilikinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Fath ayat 26)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement