Ahad 28 Aug 2022 08:46 WIB

Zulhas: PAN akan Menjemput Kejayaan di 2024

PAN kini telah memasuki usia ke-24 tahun.

Rep: Nawir Arsyad/ Red: Muhammad Hafil
Ribuan kader menghadiri penutupan Rakernas PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022). Pada penutupan rakernas, Ketua Umum PAN menyampaikan rekomendasi nama-nama bakal calon presiden untuk Pilpres 2024 yakni Zulkifli Hasan, Airlangga Hartarto, Suharso Monoarfa, Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Puan Maharani dan Khofifah Indar Parawansa.
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Ribuan kader menghadiri penutupan Rakernas PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022). Pada penutupan rakernas, Ketua Umum PAN menyampaikan rekomendasi nama-nama bakal calon presiden untuk Pilpres 2024 yakni Zulkifli Hasan, Airlangga Hartarto, Suharso Monoarfa, Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Puan Maharani dan Khofifah Indar Parawansa.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan bahwa pergerakan para kader berperan penting dalam menjadikan diri sebagai partai modern. Partai yang dekat, mencintai, dan menyerap aspirasi masyarakat.

PAN sebagai partai yang mentransformasikan demokrasi yang sesuai dengan latar budaya masyarakat dan tuntutan globalisasi. Partai sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki integritas.

Baca Juga

"Capaian-capaian kita, saya melihat tanda-tanda Partai Amanat Nasional 2024 mendatang akan menjemput kejayaannya. Hari ini partai kita memperingati lahirnya yang ke-24, sudah 24 tahun partai ini berkiprah di kancah perpolitikan nasional," ujar Zulkifli dalam pidato politiknya di rapat kerja nasional (Rakernas) PAN, Sabtu (27/8/2022).

PAN, tegas Zulkifli, harus menjadi partai yang terus menyampaikan pemikiran--pemikirannya untuk kehidupan bangsa. Partai yang terus memberikan sumbangsih bagi negara untuk   menghadirkan kesejahteraan bagi rakyat.

"Dengan berpegang teguh pada partai yang akhlak, politik berlandaskan agama yang menjadi rahmat bagi sekalian alam," ujar Zulkifli.

"Matahari tidak membeda-bedakan memberikan kasih sayangnya, matahari tidak pernah membeda-bedakan memberikan cintanya, matahari tidak pernah membeda-bedakan kepada siapa memberikan kehidupan," sambung Menteri Perdagangan itu.

PAN kini telah memasuki usia ke-24 tahun. Sudah lima kali pemilihan umum (Pemilu) yang diikuti oleh partai berlambang matahari itu.

Namun pada Pemilu 2019, PAN menduduki peringkat ke-9 dengan perolehan sebesar 6,84 persen atau 9.572.623 suara. Padahal, PAN pada pemilu-pemilu sebelumnya selalu menduduki posisi ke-5 secara nasional.

"Pemilu ke-5 kemarin (2019) kita nomor delapan dan catatan penting di Jawa Tengah kita kehilangan delapan kursi. Tentu itu jadi catatan penting dan evaluasi agar langkah-langkah yang akan datang kita perbaiki dan mencapai apa yang sudah kita sepakati dan mencapai target bersama," ujar Zulkifli.

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّخِذُوْا عَدُوِّيْ وَعَدُوَّكُمْ اَوْلِيَاۤءَ تُلْقُوْنَ اِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ وَقَدْ كَفَرُوْا بِمَا جَاۤءَكُمْ مِّنَ الْحَقِّۚ يُخْرِجُوْنَ الرَّسُوْلَ وَاِيَّاكُمْ اَنْ تُؤْمِنُوْا بِاللّٰهِ رَبِّكُمْۗ اِنْ كُنْتُمْ خَرَجْتُمْ جِهَادًا فِيْ سَبِيْلِيْ وَابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِيْ تُسِرُّوْنَ اِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ وَاَنَا۠ اَعْلَمُ بِمَآ اَخْفَيْتُمْ وَمَآ اَعْلَنْتُمْۗ وَمَنْ يَّفْعَلْهُ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاۤءَ السَّبِيْلِ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menjadikan musuh-Ku dan musuhmu sebagai teman-teman setia sehingga kamu sampaikan kepada mereka (berita-berita Muhammad), karena rasa kasih sayang; padahal mereka telah ingkar kepada kebenaran yang disampaikan kepadamu. Mereka mengusir Rasul dan kamu sendiri karena kamu beriman kepada Allah, Tuhanmu. Jika kamu benar-benar keluar untuk berjihad pada jalan-Ku dan mencari keridaan-Ku (janganlah kamu berbuat demikian). Kamu memberitahukan secara rahasia (berita-berita Muhammad) kepada mereka, karena rasa kasih sayang, dan Aku lebih mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Dan barangsiapa di antara kamu yang melakukannya, maka sungguh, dia telah tersesat dari jalan yang lurus.

(QS. Al-Mumtahanah ayat 1)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement