Ahad 28 Aug 2022 11:52 WIB

Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Perkenalkan Laboratorium bagi Mahasiswa Baru

Pengenalan laboratorium bagian dari PBAK tingkat prodi.

Red: Irwan Kelana
Mahasiswa baru Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh diperkenalkan dengan sistem dan layanan di laboratorium prodi tersebut, Sabtu (27/8/2022).
Foto: Dok UIN Ar-Raniry
Mahasiswa baru Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh diperkenalkan dengan sistem dan layanan di laboratorium prodi tersebut, Sabtu (27/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Mahasiswa baru Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh diperkenalkan dengan sistem dan layanan di laboratorium prodi tersebut, Sabtu (27/8/2022).

Pengenalan laboratorium prodi yang dirangkai dengan kegiatan pendidikan pengguna merupakan rangkaian dari Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tingkat prodi yang diikuti 94 mahasiswa baru Prodi Ilmu Perpustakaan.

Pada kesempatan tersebut, pihak taman baca memperkenalkan fasilitas dan sarana yang ada di perpustakaan tersebut.  Sehingga,  nantinya mahasiswa baru lebih familiar dalam pemanfaatan dan kunjungan ke taman baca yang dijadikan laboratorium prodi.

Lebih lanjut, Pustakawan Taman Baca FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh Khairiah SIP dan Wandi Syahputra SIP juga memperkenalkan layanan perpustakaan seperti layanan OPAC sebagai layanan penelusuran informasi, layanan referensi, layanan sirkulasi dan juga terkait dengan layanan administrasi perpustakaan.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Nurhayati Ali Hasan menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan  pendidikan pengguna yang diinisiasi oleh pengurus HMP Ilmu Perpustakaan.

Menurut Nurhayati, kegiatan seperti ini harus rutin dilaksanakan oleh pihak taman baca.  Sehingga,  pemustaka betul-betul memahami cara mencari informasi di perpustakaan dengan tepat dan efisien.

"Mahasiswa sangat jauh berbeda dengan siswa.  Mahasiswa dalam proses belajar-mengajar lebih banyak fokus pada studi mandiri. Oleh karena itu, kegiatan pendidikan pengguna sangat bermanfaat dalam memahami dan menggunakan perpustakaan dengan berbagai fasilitas dan layanan secara lebih efektif dan efisien,"kata Nurhayati dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (27/8/2022).

PBAK Prodi Ilmu Perpustakaan yang mengusung tema terbentuknya mahasiswa yang Berintegrasi dalam bingkai prestasi dan berbudi pekerti menghadirkan narasumber Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan, Nurhayati Ali Hasan MLIS, Sekretaris Prodi Mukhtaruddin MLIS dan Roy Satriadi SIP MSi dan Muhamammad SIP MM perwakilan dari alumni.

Turut hadir Ketua Asosiasi Sarjana Ilmu Perpustakaan Aceh (ASIPA) T Mulkan Safri MIP dan sejumlah dosen dan alumni Prodi Ilmu Perpustakaan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement