Ahad 28 Aug 2022 18:35 WIB

Blackpink Pecahkan Rekor Baru Artis K-Pop Wanita di Chart Mingguan Global Spotify

Blackpink terus membuat sejarah Spotify dengan lagu baru “Pink Venom”.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Pink Venom oleh Blackpink
Foto: Youtube
Pink Venom oleh Blackpink

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Grup K-pop Blackpink terus membuat sejarah Spotify dengan lagu baru mereka “Pink Venom”. Pada pekan lalu, single pra-rilis baru Blackpink “Pink Venom” menjadi lagu berbahasa Korea pertama dalam sejarah yang mencapai posisi No. 1 di tangga lagu Global Top Songs harian Spotify, serta lagu K-pop pertama yang menghabiskan tiga hari di posisi No. 1.

Dilansir Soompi pada Ahad (28/8/2022), lagu “Pink Venom” saat ini masih kuat di posisi No. 3 di bagan harian, bahkan tidak pernah meninggalkan posisi tiga teratas di seluruh minggu pertama perilisannya. Untuk menambah pencapaian itu, "Pink Venom" kini telah mencapai peringkat tertinggi dari semua lagu oleh artis K-pop wanita di tangga lagu Global Top Songs mingguan Spotify.

Untuk minggu 25 Agustus, “Pink Venom” memulai debutnya di posisi No. 2 di bagan mingguan dengan total 41.286.215 streaming yang mengesankan. Angka itu memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh “How You Like That” milik Blackpink (yang memulai debutnya di No. 4 pada 2020).

Dengan debut ini, Blackpink juga telah mengikat rekor BTS untuk peringkat tertinggi yang pernah dicapai oleh artis K-pop di tangga lagu Global Top Songs mingguan Spotify. Sebelum “Pink Venom,” lagu-lagu hit BTS “Dynamite” dan “Butter” keduanya debut di No. 2 di bagan mingguan. Artinya, ketiga single tersebut sekarang berbagi rekor untuk lagu K-pop dengan charting tertinggi sepanjang masa.

Selain itu, “Pink Venom” membuat rekor YouTube. Pada 27 Agustus pukul 02.10 waktu Korea, video musik “Pink Venom” Blackpink melampaui 200 juta penayangan di YouTube. Angka itu menyalip rekor PSY dengan "That That”. Kini, “Pink Venom" menjadi video musik Korea tercepat pada 2022 yang mencapai 200 juta tampilan. Karena hanya sedikit lebih dari tujuh hari dan 13 jam sejak rilis awal, "Pink Venom" juga merupakan video musik tercepat kedua Blackpink yang mencapai tonggak sejarah ini setelah "How You Like That”.

Pada awal pekan ini, "Pink Venom" menjadi debut video musik 24 jam terbesar pada 2022, debut video musik terbesar Blackpink, dan video musik tercepat oleh artis wanita mana pun dalam sejarah YouTube yang mencapai angka 100 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement