Ahad 28 Aug 2022 18:25 WIB

Kemenperin Dorong Kawasan Industri Dukung Pertumbuhan Manufaktur

Jumlah kawasan industri yang beroperasi di Indonesia hingga Juli 2022 sebanyak 138.

Red: Nidia Zuraya
Kawasan industri. Ilustrasi
Foto: MCIE
Kawasan industri. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian konsisten mendorong kawasan industri sebagai pendukung pertumbuhan sektor manufaktur serta berkontribusi pada peningkatan investasi. Untuk mengakselerasi pengembangan sekaligus meningkatkan produktivitas kawasan industri, Kemenperin mengambil langkah-langkah seperti akselerasi penerapan smart eco industrial park atau yang disebut kawasan industri generasi keempat.

"Jumlah kawasan industri yang beroperasi di Indonesia hingga Juli 2022 adalah 138 perusahaan,"ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Ahad (28/8/2022).

Baca Juga

Kawasan-kawasan industri tersebut, lanjut Agus, sebagian besar masuk dalam generasi ketiga. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi dan dunia digital, pengembangan kawasan industri pun tidak luput dari pengaruh dan mulai bergeser menuju kawasan industri generasi keempat.

Penerapan smart eco industrial park ditandai dengan munculnya prinsip pembangunan berkelanjutan seperti pengurangan emisi karbon, ekonomi sirkular dan industri hijau yang menjembatani transisi energi menuju energi terbarukan dan telah sejalan dengan isu yang menjadi perhatian dalam Presidensi G20 tahun ini.

Kemenperin juga bekerja sama dengan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dan State Secretariat for Economic Affairs (SECO) Swiss dalam melaksanakan Global Eco Industrial Park Programme (GEIPP) yang telah resmi bergulir sejak Juli 2020.

Melalui program tersebut, kawasan industri akan memperoleh intervensi berupa capacity building dan workshop penerapan International Framework EIP untuk peningkatan produktivitas sumber daya, kinerja ekonomi, lingkungan, sosial dan bisnis bagi kawasan industri.

Beberapa kawasan industri yang telah ditunjuk untuk menjadi pilot projectsedang dinilai untuk dapat ambil bagian dalam program ini. Terkait hal itu, salah satu kawasan industri, yakni Kawasan Industri Jababeka menyelenggarakan Jababeka Tenant Award 2022 yang mengusung tema "Digital Transformation Drives to Green Industry".

Tema tersebut sejalan dengan komitmen perusahaan kawasan industri tersebut untuk terus bertransformasi dan mengembangkan greenindustrialestate.

Kemenperin memberikan apresiasi kepada Jababeka atas terselenggaranya Jababeka Tenant Awards 2022 yang merupakan salah satu bentuk penghargaan bagi perusahaan industri penyewa Jababeka yang telah berkontribusi aktif, loyal serta kooperatif, yang juga sebagai upaya perwujudan kolaborasi dan sinergi yang baik antarpenyewa, pengelola kawasan, pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah.

"Semua bentuk kolaborasi ini bertujuan untuk mewujudkan 'Indonesia Tangguh Industri Tumbuh'melalui penerapan transformasi kawasan industri, menuju kawasan industri yang berwawasan lingkungan,"ujar Menperin.

Kawasan Industri Jababeka saat ini telah bermetamorfosis menjadi kota mandiri. Lebih dari itu, sebagai pengelola kawasan, PT Jababeka Infrastruktur terus berkembang mengikuti perubahan zaman dengan menciptakan kota mandiri berkonsep greenindustry yang berlandaskan teknologi dan digital 4.0.

Saat ini,Jababekamerangkul lebih dari 1.800 perusahaan dari 30 negara untuk berinvestasi membangun Kota Mandiri Jababeka. Kawasan itujuga mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi 1,7 juta pekerja yang memberikan multiplier effect, termasuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menumbuhkan perekonomian daerah.

"Sebagai pengelola kawasan industri, Jababekaterus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada paratenant sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan,"ujar Direktur PT Jababeka Tbk Hyanto Wihadhi.

Ia menambahkan PT Jababeka Infrastruktur juga turut memberikan apresiasikepada penyewa kawasanyang telah memberikan kontribusi, loyal, serta kooperatif dengan Jababeka sebagai pengelola.

Terdapat empat nominasi penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan penyewa di Jababeka Tenant Award 2022 ini yaitu Best of The Best Tenant Award, Best of Green Tenant Award, Best of CSR Program Contributor Tenant Award, dan Best of Estate Regulation Compliance Tenant Award.

Selain itu, terdapat tiga tambahan nominasi penghargaan yakni The Best Industry 4.0 Tenant, The Most Inspiring CEO, dan HRD Favorite.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement