Senin 29 Aug 2022 05:42 WIB

RSU HGA Gelar Simposium Bertajuk 'Penggunaan Insulin yang Tepat'

'Yaitu penggunaan insulin yang tepat sasaran, tepat orang dan tepat waktu'.

Red: Rahmat Santosa Basarah
RSU HGA Gelar Simposium Bertajuk
Foto: RSU HGA
RSU HGA Gelar Simposium Bertajuk

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--Rumah Sakit Umum Hasanah Graha Afiah (RSU HGA), Depok menggelar simposium bertajuk Inisiasi dan Intensifikasi Penggunaan Insulin pada Penderita Diabetes. Simposium yang dihadiri sekitar 50 dokter di wilayah Depok dan sekitarnya ini menghadirkan dua pemateri. Yaitu dr. Nazly MA, Sp.PD dan dr. Annisa PN, Sp.PD. Simposium yang dimoderatori oleh dr. Dharmawan Sp. PD ini digelar di RSU HGA pada Sabtu (27/8/2022).

Dirut RSU HGA dr. Lely Setiawan MARS mengungkapkan bahwa kegiatan simposium ini masih merupakan rangkaian kegiatan RSU HGA dalam memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus. ''Kami sebagai RS swasta berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas SDM kami. Memberikan pelatihan atau sharing ilmu pengetahuan untuk dokter-dokter umum yang ada di wilayah Kota Depok,'' ungkap Lely dalam siaran persnya. 

Dikatakan Lely, di wilayah Depok, banyak penduduk dengan usia lanjut.  ''Kualitas hidupnya kurang bagus karena penyakit komorbit yang diderita, salah satunya adalah Diabetes. Dalam Simposium ini, dipaparkan bagaimana penanganan pasien-pasien dengan penyakit diabetes ini dengan memaksimalkan penggunaan insulin. Yaitu yang  tepat sasaran, tepat orang dan tepat waktu. Dengan mengikuti terapi ini, diharapkan kualitas hidup mereka lebih baik lagi,'' kata Lely. 

RSU HGA berawal dari sebuah Rumah Bersalin dan Balai Pengobatan Umum ( RBBP ) yang menyediakan pelayanan dokter umum 24 jam , klinik spesialis kebidanan dan anak sejak 9 Agustus 2004. Namun pada perkembangannya, atas dasar respon yang baik dari warga sekitar khususnya Kota Depok mendorong PT. Hasanah Graha Afiah sebagai pengelola untuk meningkatkan pelayanan salah satunya Rawat Inap khusus ibu dan anak. Sehingga status operasionalnya menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak ( RSIA ) sejak 9 Januari 2006. 

''Seiring perkembangan yang kami tingkatkan terus menerus, baik mutu dan fasilitas yang semakin beragam. Pada 1 April 2008 status operasional kembali berubah menjadi Rumah Sakit Umum atas izin Dinas Kesehatan Kota Depok dan Dinas Kesehatan Jawa Barat dan pada tanggal 3 Oktober 2012, RSU. Hasanah Graha Aflah telah mendapatkan pengakuan penetapan kelas dari Kementrian Kesehatan sebagal Rumah Sakit Umum tipe C,'' kata Lely.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement