Senin 29 Aug 2022 13:43 WIB

Hamilton tidak Peduli Disebut Idiot oleh Alonso

Alonso berang mobilnya disenggol oleh Hamilton di GP Belgia.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton.
Foto: AP/Kamran Jebreili
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton.

REPUBLIKA.CO.ID, STAVELOT -- Pembalap Mercedes Lewis Hamilton merespons ucapan driver Alpine Renault Fernando Alonso terhadapnya. Dua bintang Formula 1 itu terlibat perseteruan di lintasan GP Belgia musim 2022. Mobil mereka bertabrakan saat balapan baru berlangsung di lap pertama, di Sirkuit Spa-Francorchamps, Stavelot, Ahad (28/8/2022) malam WIB. 

Kejadian ini bermula ketika Hamilton berhasil menyalip Sergio Perez (Red Bull Racing) di awal. Pria Inggris itu kemudian berada di belakang Alonso. 

Baca Juga

Sang juara dunia tujuh kali mengejar driver senior berusia 41 tahun tersebut. Di sebuah tikungan, Hamilton berusaha melewati Alonso. Ia yang berada di sisi luar, terlihat masuk di jalur balapan rivalnya itu. Alhasil andalan Mercedes itu menabrak roda depan driver asal Spanyol ini. 

Hamilton mundur dari balapan pada lap kedua. Sementara Alonso masih bisa melanjutkan balapan meskipun nampak frustrasi. Dia menunjukkan bahasa tubuh pertanda kemarahan saat melewati Hamilton dengan mengacungkan jarinya. Eks Renault lantas mengumpat di radio timnya.

"Dasar idiot. Mencoba menutup jalur dari luar. Kita memiliki awal yang bagus, tetapi orang itu hanya tahu cara mengemudi saat memulai balapan dari posisi terdepan," kata sosok kelahiran Oviedo, dikutip dari Marca, Senin (29/8/2022).

Merespons hal itu, Hamilton enggan memperkeruh suasana. "Tidak masalah apa yang dia katakan. Saya tidak peduli. Seperti yang saya katakan, saya tidak bisa melihat dia," ujarnya.

Ia memahami situasi memanas. Ia mengaku lega, mendengar langsung pernyataan eks rekan setimnya. "Saya tidak benar-benar memiliki tanggapan untuk itu. Saya tahu itulah yang dirasakan dalam situasi panas. Namun saya senang mengetahui bagaimana perasaannya tentang saya," kata pembalap berusia 37 tahun itu.

Menurutnya, terpenting ada keterbukaan. Ia merasa tidak melakukannya dengan sengaja. Hamilton mengaku hanya bersalah pada timnya, bukan pada Alonso. Mereka pernah berada di tim yang sama pada 2007 lalu. Saat itu keduanya membela McLaren. Terkait insiden yang baru saja berlangsung, Hamilton telah melihat tayangan ulang. 

Setelah situasi mendingin, Alonso lantas berbicara lebih tenang. Ia mengakui frustrasi pada momen itu. Namun pada akhirnya ia tetap bersyukur karena bisa melanjutkan balapan.

"Untungnya mobil saya sangat kuat dan tidak terjadi apa-apa. Lewis tidak seberuntung itu, dan harus mengistirahtkan mobilnya," tutur Alonso.

Andalan Red Bull Racing Max Verstappen finis di tempat pertama dengan catatan waktu 1:25:52,894 detik. Verstappen kokoh di puncak klasemen sementara dengan 284 poin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement