Senin 29 Aug 2022 18:08 WIB

Menkes Jalani Isoman Usai Terkonfirmasi Positif Covid-19

Menkes Budi Gunadi terpapar Covid-19 untuk pertama kalinya.

Red: Indira Rezkisari
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Foto: ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat ini sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) setelah terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR, Senin (29/8/2022). Dilansir dari keterangan tertulis Biro Humas Kemenkes RI, selama isolasi mandiri Menkes tetap menjalankan aktivitas sebagaimana biasa melalui ranah virtual.

Budi mengatakan keterbukaan terhadap status Covid-19 merupakan bentuk tanggung jawabnya sebagai pejabat publik agar penularan bisa segera diputus dan tidak semakin meluas. "Karena siapa pun dapat tertular dan menularkan Covid-19. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk membantu memutus rantai penularannya dengan segera melakukan swab tes dan, jika hasil tes-nya positif, langsung melakukan isolasi mandiri," ujarnya.

Baca Juga

Budi meminta masyarakat untuk mendoakan agar dirinya bisa kembali sehat. "Mohon doanya agar saya dapat segera pulih kembali," katanya.

Menkes Budi bukan pejabat publik pertama yang menjadi korban Covid-19, namun ini merupakan pertama kalinya Menkes Budi terkonfirmasi virus corona sejak menjabat pada Desember 2020 lalu. Mobilitas yang sangat tinggi dan pertemuan dengan banyak pihak menjadi penyebab Menkes rentan terpapar Covid-19.

Pihak-pihak yang berinteraksi dengan Menkes Budi dalam beberapa waktu terakhir telah diberikan informasi terkait kondisi Menkes, serta diminta untuk segera melakukan tes swab dan isolasi mandiri. Walau terjangkit Covid-19, kondisi Menkes saat ini relatif sehat berkat program vaksinasi dan booster. Vaksinasi tidak menjamin individu terbebas sepenuhnya dari Covid-19, namun berkhasiat untuk mencegah gejala sakit yang parah dan tidak harus dirawat di rumah sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement