Senin 29 Aug 2022 23:44 WIB

Pengurus NU Tiongkok Terpilih Jadi Koordinator PPI Dunia

Achyar Al Rasyid kader NU pimmpin PPI Dunia masa bakti 2022-2023

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
(ilustrasi) logo nahdlatul ulama. Achyar Al Rasyid kader NU pimmpin PPI Dunia masa bakti 2022-2023
Foto: tangkapan layar wikipedia
(ilustrasi) logo nahdlatul ulama. Achyar Al Rasyid kader NU pimmpin PPI Dunia masa bakti 2022-2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Tantidziyah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Tiongkok, Achyar Al Rasyid terpilih sebagai Koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia untuk periode 2022-2023. 

Dia terpilih secara aklamasi melalui proses musyawarah dan mufakat 60 PPI Negara dalam Kongres Internasional yang digelar pada 24-26 Agustus 2022 di Asrama Haji Jakarta Timur.

Baca Juga

Mahasiswa S3 Tianjin University dari PPI Tiongkok ini mengusung visi "Pelajar Indonesia Maju, Indonesia Jadi Bangsa Pemenang". Usai terpilih, Achyar berkomitmen untuk membawa PPI Dunia menjadi organisasi yang lebih progresif dan berkontribusi nyata.

"Amanah dan kepercayaan itu adalah suatu tugas berat dari rekan-rekan, tapi saya akan berusaha sebaik mungkin membawa PPI Dunia ini menjadi lebih progresif, berdampak positif pagi seluruh pelajar Indonesia di seluruh dunia, serta berkontribusi nyata bagi bangsa dan negara Indonesia,” ujar Achyar dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (29/8/2022).

Achyar pun menyatakan kesiapannya berkolaborasi dengan pemerintah untuk bisa bekerjasama strategis yang melibatkan para pelajar Indonesia di seluruh Dunia.

“Saya ingin pelajar bisa membantu ekspor perdagangan Indonesia ke luar negeri, karena pelajar potensinya besar, seperti sudah pasti bahasa asingnya bagus dan punya banyak waktu di Negera tempat belajar, serta memiliki sifat kepeloporan yang tinggi,  tinggal bagaimana kita mau untuk bermitra dengan pemerintah saja, sehingga ruang itu terbuka,”  kata Achyar.

Kongres Internasional ini merupakan bagian dari rangkaian agenda Simposium Internasional XIV Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) telah selesai digelar di Jakarta pada 22-26 Agustus. Agenda Simposium Internasional ini merupakan agenda tahunan pertemuan para pelajar Indonesia yang berkuliah di luar negeri.

Kegiatan Simposium ini digelar dalam momentum 100 Tahun PPI. Simposium Internasional ini dibuka di Gedung B Kemendikbudristek pada tanggal 22 Agustus 2022 oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

Dalam agenda Simposium Internasional, PPI Dunia juga menghadirkan para tokoh-tokoh dan pakar dalam memberikan ceramah dalam bentuk diskusi. Beberapa tokoh yang hadir diantaranya, Ketua Umum ICMI sekaligus Rektor IPB Prof Arif Satria dan Menteri BUMN  Erick Thohir.

Agenda ini berhasil menyedot perhatian para mahasiswa dan pelajar di Indonesia, karena terdapat juga booth-booth pameran kampus-kampus dan sharing session cara berkuliah di luar negeri. Ratusan orang hadir setiap harinya di Kemendikbud Ristek.

n/Muhyiddin

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement