Selasa 30 Aug 2022 11:55 WIB

Terungkap, Ada Terowongan Bawah Tanah Hagia Sophia

Jarang yang tau di Masjid Agung Hagia Sophia ada terowongan bawah tanah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Terowongan Bawah Tanah Hagia Sophia
Foto: Daily Sabah
Terowongan Bawah Tanah Hagia Sophia

REPUBLIKA.CO.ID,ISTANBUL -- Masjid Agung Hagia Sophia telah menarik ribuan pengunjung semenjak dibuka kembali sebagai tempat ibadah setelah dikembalikan dari museum pada 2020. Akan tetapi hanya sedikit orang yang menyadari bahwa dibalik keajaiban arsitektur di jantung kota Istanbul terdapat jaringan terowongan, ruang bawah tanah, dan kuburan.

Sementara Profesor Hasan Firat Diker dan timnya, terus menjelajahi Hagia Sophia bawah tanah. Mereka memeriksa struktur rumit di bawah bangunan yang direkonstruksi tiga kali dalam sejarahnya sejak zaman Bizantium. Diker merupakan seorang akademisi dari Fakultas Arsitektur dan Desain di Universitas Fatih Sultan Mehmet Vakıf (FSMVU), yang didirikan oleh sebuah yayasan yang awalnya dimulai oleh Mehmed II, sultan Ottoman yang menaklukkan Istanbul dan mengubah Hagia Sophia menjadi masjid dari katedral.

Baca Juga

Dua tahun lalu, para peneliti memetakan terowongan yang dipercaya menjaga Hagia Sophia agar tidak menjadi korban kelembaban berlebih dengan berfungsi sebagai sistem ventilasi alami. Itu menciptakan citra tiga dimensi terowongan yang panjangnya mencapai sekitar satu kilometer.

Bersamaan dengan terowongan, sebuah makam tiga bilik yang terletak empat meter di bawah tanah terletak di bagian timur laut masjid. Menurut sejarawan, ini tanggal kembali ke abad keempat Masehi.

Beberapa terowongan dan ruang bawah tanah dapat diakses dari pintu jebakan di bawah pohon kastanye di barat daya Hagia Sophia. Itu hanya dua meter di bawah permukaan.

“Sama seperti di atas, Hagia Sophia memiliki sejarah yang kaya di bawah permukaan. Empat meter di bawah permukaan, ada ‘hypogeum’ (makam) dan dibangun jauh sebelum Hagia Sophia dibangun. Ini sebenarnya adalah struktur arsitektur tertua yang ditemukan di sekitar Hagia Sophia dan dihubungkan dengan struktur bawah tanah lainnya dengan menambahkan gorong-gorong di tahun-tahun berikutnya,” kata Diker, dilansir dari laman Daily Sabah pada Selasa (30/8/2022).

“Kami bertujuan untuk mendokumentasikan infrastruktur Hagia Sophia, serta suprastrukturnya, dalam arti arsitektural dan untuk meningkatkan kesadaran untuk menghilangkan masalah yang ada,” lanjutnya.

Diker mengungkapkan, meneliti, melestarikan dan mendokumentasikan struktur bawah tanah adalah penting, baik dalam hal melindungi bangunan serta mengungkapkan struktur bawah tanah lainnya di kota yang terkait.

“Pembangunan Hagia Sophia yang bertahan hingga saat ini, dimulai pada tahun 532 dan selesai pada tahun 537,” kata dia. Diker menambahkan bahwa ruang utama di gedung ini dilapisi batu bata pada empat lengkungan yang didukung oleh empat dermaga.

Diker mengatakan, Hagia Sophia terkena air hujan yang tidak terkendali sebelum dibersihkan. Dia mengungkapkan, bahwa sekitar empat ton puing dan lumpur telah dipindahkan dalam lingkup pekerjaan pembersihan yang dilakukan tahun lalu.

Terkait struktur ruang bawah tanah dua meter di bawah taman di depan fasad barat laut, dia mengatakan, ini merupakan ruang infrastruktur dari atrium asli Hagia Sophia. Dia mengungkapkan, sebagian besar ruang bawah tanah Hagia Sophia dibangun untuk saluran air dan ventilasi. Kemudian menambahkan, sulit untuk melintasi terowongan, karena sempitnya terowongan itu.

\"Bahkan bernapas pun tidak mudah di terowongan ini. Ketika Anda memikirkan waktu pembuatannya, kami dapat memahami betapa sulitnya orang bergerak di tempat gelap ini dan tidak mungkin menggunakannya untuk tujuan lain,\" ucap Diker.

Diker percaya bahwa pengelompokan struktur di bawah Hagia Sophia kemungkinan digunakan sebagai gudang penyimpanan untuk bahan yang tidak ingin diekspos. “Tempat-tempat ini perlu restorasi serius,” kata dia.

Adapun Hagia Sophia berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun, dan sebagai museum selama 86 tahun. Namun dari 1453 hingga 1934, hampir 500 tahun, itu merupakan sebuah masjid. Pada 1985, Hagia Sophia ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO. Ini adalah salah satu tujuan wisata utama Turkiye, dan tetap terbuka untuk pengunjung domestik serta asing.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement