Selasa 30 Aug 2022 19:29 WIB

Lagi, Chelsea Lepas Strikernya ke Klub Lain

Sebelumnya, Chelsea merelakan Werner pulang ke Jerman.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Chelsea Callum Hudson-Odoi (kanan) beraksi selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Chelsea FC dan Manchester United di London, Inggris, 28 November 2021.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Pemain Chelsea Callum Hudson-Odoi (kanan) beraksi selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Chelsea FC dan Manchester United di London, Inggris, 28 November 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea akhirnya mengumumkan kepindahan winger asal Inggris, Callum Hudson-Odoi, ke Bayer Leverkusen. Winger berusia 21 tahun itu akan melakoni masa peminjaman selama semusim penuh di salah satu kontestan Bundesliga tersebut. Kendati begitu, The Blues masih memiliki opsi untuk memanggil kembali Hudson-Odoi pada pertengahan musim ini. 

''Jebolan Cobham (kompleks latihan Chelsea) itu akan menghabiskan sisa musim ini di Bundesliga. The Blues memiliki opsi untuk memanggilnya kembali pada Januari mendatang,'' tulis pernyataan resmi Chelsea, Selasa (30/8/2022). 

Baca Juga

Sebelumnya, Sky Sports menyebut, Chelsea dan Leverkusen telah mencapai kesepakatan soal peminjaman Hudson-Odoi. Pengoleksi tiga caps buat timnas Inggris itu pun dijadwalkan melakoni tes medis bersama Die Werkself, julukan Leverkusen, pada Senin (29/8/2022) waktu setempat. 

Meski sebagai pemain pinjaman, ini menjadi pertama kalinya Hudson-Odoi meninggalkan klub London Barat tersebut sejak meniti karier dari tim junior. Hudson-Odoi tercatat telah dipromosikan ke tim utama Chelsea pada awal musim 2017/2018. Kendati sempat digadang-gadang bakal hijrah pada awal musim ini, Leverkusen tidak berada di urutan teratas dalam kandidat utama klub-klub yang bakal menampung Hudson-Odoi. 

Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen justru lebih santer disebut-sebut bakal menjadi pelabuhan Hudson-Odoi. Kondisi ini tidak terlepas dari ketertarikan dua klub tersebut terhadap Hudson-Odoi pada beberapa waktu lalu. Tidak hanya itu, minat terhadap Hudson-Odoi juga sempat diungkapkan oleh Southampton dan Leicester City. 

Namun, Chelsea akhirnya lebih memilih melepas Hudson-Odoi ke Leverkusen. Hudson-Odoi memang sempat dilaporkan meminta manajemen The Blues untuk melepasnya pada musim panas kali ini, termasuk dengan kemungkinan sebagai pemain pinjaman. 

Permintaan ini tidak terlepas dari keputusan pelatih Thomas Tuchel untuk tidak menurunkannya di empat laga yang telah dilakoni Chelsea pada awal musim ini. Keputusan Tuchel ini sekaligus memberi isyarat soal minimnya peluang Hudson-Odoi untuk tampil secara reguler pada musim ini. 

Alumni tim junior Chelsea itu disebut-sebut tidak termasuk dalam rencana permainan yang akan diusung pelatih asal Jerman itu pada musim ini. Padahal, Hudson-Odoi sempat mengungkapkan target dan harapannya pada musim ini. 

''Saya ingin bisa tampil sesering mungkin. Bermain secara reguler memperbesar peluang untuk bisa tampil konsisten. Jadi, saya berharap bisa terus merumput dan mendapatkan menit bermain yang lebih banyak,'' kata Hudson-Odoi seperti dilansir Daily Mail, beberapa waktu lalu. 

Selain masalah konsistensi performa, Hudson-Odoi agaknya berharap bisa memperbesar peluang untuk dipanggil memperkuat Timnas Inggris di putaran final Piala Dunia 2022, akhir tahun ini. Melakoni debut bersama The Three Lions pada 2019, Hudson-Odoi telah mengemas tiga caps bersama Timnas Inggris. 

Sejak mengalami cedera achilles pada 2019 silam, Hudson-Odoi dinilai belum menemukan kembali performa terbaiknya. Pemain yang sempat dikabarkan masuk radar Bayern Muenchen itu mulai tersisih dari tim inti The Blues, terutama sejak masuknya Thomas Tuchel sebagai pengganti Frank Lampard di kursi pelatih. 

Cedera achilles kembali menyulitkan kiprah Hudson-Odoi pada musim lalu, tepatnya pada paruh kedua. Hudson-Odoi tercatat hanya tampil di 28 laga dan menyumbang tiga gol dan enam assist di semua ajang.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement