Selasa 30 Aug 2022 23:14 WIB

Qatar Buka Pendaftaran Pembacaan Alquran Katara Prize Ke-6, Hadiahnya Fantastis

Lomba Alquran Katara Prize ke-6 Qatar berlangsung 1 September-30 November

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera Qatar. Ilustrasi. Lomba Alquran Katara Prize ke-6 Qatar berlangsung 1 September-30 November
Foto: Wikipedia
Bendera Qatar. Ilustrasi. Lomba Alquran Katara Prize ke-6 Qatar berlangsung 1 September-30 November

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA – Yayasan Kampung Budaya (Katara) Qatar mengumumkan pembukaan proses pendaftaran peserta pembacaan Alquran untuk Katara Prize ke-6. Hal uni berlangsung mulai 1 September hingga 30 November. 

Kegiatan ini mengambil tema "Hiasi Alquran dengan Suara Anda" (Adorn the Qur'an with Your Voices). Kehadirannya untuk memenuhi komitmen lembaga terhadap peran budaya dan agama di kawasan Arab dan Islam. 

Baca Juga

Program ini dimaksudkan untuk mendorong dan menemukan bakat-bakat premium dalam bacaan Alquran, menghadirkan qari yang sangat terkemuka ke seluruh dunia, berdasarkan aturan dan ketentuan Tajwid untuk menemukan qari terbaik. 

Dilansir di Gulf Times, Selasa (30/8/2022), panitia nantinya disebut akan mengevaluasi kinerja seluruh peserta, untuk memilih 100 peserta terbaik dan selanjutnya lolos ke babak final di Doha. 

Sebanyak 100 orang yang memenuhi syarat ini akan berpartisipasi dalam kualifikasi putaran keenam, melalui 20 episode TV. Sebanyak lima peserta akan bersaing di setiap episodenya, dan kualifikasi terbaik akan dipilih saat itu. 

Selain itu, ada beberapa pra-syarat yang telah ditetapkan bagi mereka yang bersedia mengikuti kontes. Salah satunya, mengisi formulir pencalonan yang disiapkan oleh panitia, yang harus diserahkan beserta video gabungan yang berisi dua cuplikan video bacaan Alquran yang berbeda. 

Adapun durasi video ini tidak boleh lebih dari enam menit, dengan pembacaan harus sesuai dengan aturan tajwid Alquran. 

Untuk memenangkan hadiah ini, panitia juga telah menetapkan sejumlah persyaratan. Peserta kegiatan harus laki-laki dan tidak kurang dari 18 tahun. 

Para peserta juga bukanlah imam masjid, khatib atau guru, yang sebelumnya memperoleh penghargaan internasional dalam membaca Alquran periode 2020-2021. 

Sebelumnya mereka juga diwajibkan belum pernah mengeluarkan rekaman Alquran sendiri di pasar, stasiun radio, stasiun televisi atau media lainnya. 

Hadiah total yang dialokasikan Katara Prize untuk Bacaan Alquran adalah 900 ribu riyal Qatar atau Rp 3.683.673.120. Pemenang pertama akan menerima 500 ribu riyal, kedua akan menerima 300 ribu riyal, serta yang ketiga akan menerima 100 ribu riyal.

 

Sumber: gulftimes  

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَاِذَا بَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَاَمْسِكُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ فَارِقُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ وَّاَشْهِدُوْا ذَوَيْ عَدْلٍ مِّنْكُمْ وَاَقِيْمُوا الشَّهَادَةَ لِلّٰهِ ۗذٰلِكُمْ يُوْعَظُ بِهٖ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ ەۗ وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ
Maka apabila mereka telah mendekati akhir idahnya, maka rujuklah (kembali kepada) mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah pengajaran itu diberikan bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya,

(QS. At-Talaq ayat 2)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement