Dinkes Kulon Progo Intensifkan Komunikasi Pemahaman Vaksin Booster

Red: Muhammad Fakhruddin

Dinkes Kulon Progo Intensifkan Komunikasi Pemahaman Vaksin Booster (ilustrasi).
Dinkes Kulon Progo Intensifkan Komunikasi Pemahaman Vaksin Booster (ilustrasi). | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID,KULON PROGO -- Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengintensifkan komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat agar memahami pentingnya vaksinasi booster (penguat) untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari paparan COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami mengatakan sampai saat ini, cakupan vaksinasi booster atau penguat dosis ketiga baru mencapai 29,62 persen.

"Tetap memberikan sosialisasi atau komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat bahwa booster masih diperlukan," kata Sri Budi Utami, Selasa (30/8/2022).

Ia mengatakan untuk mencapai target 50 persen dari total target 378.177 sasaran hingga akhirnya tahun 2022. Saat ini, cakupan vaksinasi booster di Kulon Progo terendah di DIY, sehingga perlu kerja keras mencapai target tersebut.

Baca Juga

Untuk itu, Dinkes Kulon Progo bersinergi dengan semua pihak dan lintas sektor untuk menggerakkan masyarakat. Selain itu, Dinkes mendekatkan sentra vaksin sampai ke pedukuhan.

"Dalam kondisi ada warga yg terkendala mobilitasnya, maka kita lakukan vaksinasi door to door. Kami juga menambah jadwal vaksinasi baik di fasilitas pelayanan kesehatan maupun di luar fasilitas kesehatan," katanya.

Sri Budi mengaku kendala utama mencapai target 50 persen dari total target vaksinasi booster, yakni masyarakat sudah tidak berminat divaksin booster.

Hal ini dikarenakan situasi saat ini sudah baik, aman, dan kalau ada yang sakit sudah ringan, serta kekebalan masyarakat sudah kuat.

"Masyarakat merasa sudah cukup sampai vaksin dosis kedua, tidak perlu vaksin booster lagi," katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana mengatakan saat ini sudah tidak mungkin mengumpulkan massa dalam jumlah banyak untuk dilakukan vaksinasi. Hal yang bisa dilakukan adalah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Petugas kesehatan melakukan vaksinasi dari rumah ke rumah untuk mencapai target vaksinasi booster hingga 50 persen hingga akhir tahun.

"Kami siap melayani vaksinasi booster kepada masyarakat. Masyarakat bisa menghubungi petugas kesehatan atau lewat dukuh untuk menghubungi petugas vaksin, maka hari itu juga kami langsung datang. Berapa pun jumlah akan kami layani," katanya.

Terkait


Penerima Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Capai 60 Juta Orang Lebih

Warga Solo Diimbau Perhatikan Syarat Baru Aturan Perjalanan Jarak Jauh

Jawa-Bali Lampaui Puncak Infeksi Omicron BA.4 dan BA.5, Semua Daerah Level 1 PPKM

PT KAI Hapus Aturan Skrining Covid-19 Bagi Penumpang

Seluruh Penumpang KA Jarak Jauh Wajib Vaksin Booster

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark