Rabu 31 Aug 2022 09:04 WIB

Rahasia Pilot di Pesawat yang Jarang Diketahui Penumpang

Pilot cadangan terkadang tidur, tapi bukan di tempat yang penumpang kira.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Qommarria Rostanti
Rahasia pilot yang jarang diketahui penumpang. (Ilustrasi)
Foto: Needpix
Rahasia pilot yang jarang diketahui penumpang. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, jAKARTA -- Menerbangkan pesawat dan lepas landas telah menjadi kerja rutin seorang pilot. Namun ada beberapa rahasia pilot yang tidak diketahui dari shift crew, autopilot, bahkan penumpang.

Tentu saja, traveler berpengalaman akan lebih mengetahui trik perjalanan tertentu, seperti apa yang tidak boleh dibawa dan cara menghindari memilih tempat duduk yang salah. Tetapi untuk beberapa informasi menarik tentang pengalaman perjalanan udara hanya sedikit orang yang mengetahuinya, seperti dilansir laman Best Life pada pekan lalu:

Baca Juga

1. Pesawat mungkin perlu diperbaiki saat lepas landas

Pesawat adalah teknologi luar biasa dari ilmu penerbangan modern dari desain pesawat, mesin, dan semua instrumen yang membantu di antaranya. Pada saat yang sama, peraturan ketat memastikan bahwa naik pesawat tetap merupakan keputusan yang sangat aman.

Meskipun pemeliharaan pesawat saat terbang harus dalam kondisi baik, namun mungkin masih ada beberapa masalah dengan pesawat Anda selama perjalanan. 

“Anda akan berpikir bahwa semua yang ada di pesawat harus bekerja dengan baik untuk melakukan penerbangan yang aman, tetapi bukan itu masalahnya. Pilot dapat menerbangkan pesawat dengan sistem yang tidak berfungsi, yang tercantum dalam dokumen yang disebut Daftar Peralatan Minimum (MEL),” ujar seorang pilot maskapai penerbangan dengan pengalaman 15 tahun dan pendiri Aviamonde, Duke Armitage.

"Contoh sederhananya adalah bahwa lampu pendaratan mungkin tidak beroperasi selama operasi harian. Dalam kebanyakan kasus, ketentuan ini hanya berlaku untuk beberapa hari di mana perbaikan harus dilakukan," kata dia.

2. Autopilot tidak melakukan sebanyak yang dipikirkan selama penerbangan

Teknologi modern telah mengambil keajaiban penerbangan dan membuatnya lebih mengesankan dengan sistem komputer onboard yang membantu menavigasi rute, menghindari masalah cuaca yang serius, dan kembali ke darat dengan selamat. Namun, secanggih autopilot di pesawat, masih ada banyak pekerjaan bagi manusia di balik kendali.

"Sebagian besar masyarakat yang bepergian menganggap pesawat dan pilot benar-benar hanya ada di sana sebagai cadangan, dan itu benar-benar tidak masuk akal. Orang-orang memiliki pemahaman yang sangat berlebihan tentang apa yang dilakukan otomatisasi kokpit dan bagaimana pilot berinteraksi dengannya," ujar seorang pilot maskapai penerbangan dan pembawa acara AskThePilot.com, Patrick Smith.

Dia mengatakan, ada saat-saat di mana beban kerja sangat rendah, tetapi ada juga saat-saat di mana bebannya sangat tinggi. "Tidak peduli apa, pilot masih menerbangkan pesawat. Autopilot hanya melakukan apa yang Anda perintahkan dan bagaimana Anda menyuruhnya melakukannya," jelasnya.

3. Ada lebih banyak pilot dalam penerbangan dibandingkan yang Anda sadari

Ke mana pun Anda pergi, sudah menjadi fakta umum bahwa akan selalu ada setidaknya dua awak di kokpit saat Anda lepas landas. Namun pada penerbangan tertentu, Anda juga akan melihat beberapa anggota awak tambahan sedang naik ke pesawat.

"Pada penerbangan panjang, kami terbang dengan kru tambahan. Alih-alih membutuhkan dua pilot, kami membawa tiga atau empat orang dan bekerja secara bergiliran," kata Smith, yang juga penulis Cockpit Confidential.

Berapa banyak anggota kru cadangan yang naik tergantung pada kebijakan khusus masing-masing maskapai dan durasi penerbangan. Smith mengatakan, setiap perjalanan yang delapan jam atau lebih biasanya memiliki tiga pilot, sementara jarak jauh yang 12 jam atau lebih akan memiliki empat pilot yang bekerja secara bergiliran. "Tapi selalu ada setidaknya dua pilot di kokpit pada satu waktu," jelasnya.

4. Pilot tidur selama penerbangan tetapi tidak di tempat yang Anda kira

Sangat sedikit pekerjaan yang membutuhkan tingkat kewaspadaan yang harus dimiliki pilot selama penerbangan. Secara kebetulan, ada juga beberapa pekerjaan yang secara teratur membutuhkan kru untuk bekerja lebih dari delapan jam setiap saat sepanjang hari.

Untungnya, pilot cadangan yang dijadwalkan maskapai penerbangan memungkinkan mereka untuk bekerja bergiliran, bahkan tidur. Mereka tidur bukan di kokpit.

"Beberapa pesawat memiliki fasilitas istirahat kru yang diletakkan di atas atau di bawah dek, yang biasanya berupa ruangan dengan dua ranjang atau lebih. Mereka sebenarnya bisa sangat luas," kata Smith.

 

 

5. Para kru memandang penumpang dengan setara

Dinamika hubungan antara awak pesawat dan penumpang kadang-kadang bisa tampak berantakan atau lemah. Peristiwa seperti itu tidak sepenuhnya dapat dihindari dalam situasi tekanan tinggi. Namun karyawan maskapai penerbangan biasanya tetap optimistis bahwa siapa pun yang terbang bersedia melakukan hal yang benar ketika saatnya tiba.

"Beberapa dari kami menganggap Anda sebagai kru kami juga," kata Kapten Laura Einsetler, seorang pilot untuk maskapai besar AS dan penulis CaptainLaura.com.

"Kami semua bekerja sama untuk memiliki penerbangan yang menyenangkan dan aman, saling menjaga. Kami mengandalkan Anda untuk berbicara jika Anda melihat atau mendengar sesuatu yang tampaknya tidak benar, apakah itu ada hubungannya dengan penumpang lain, atau anggota kru, bandara, atau pesawat," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement