Surabaya Siapkan Tempat Isolasi untuk Pasien Cacar Monyet

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi

ilustrasi virus cacar monyet
ilustrasi virus cacar monyet | Foto: Pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya meningkatkan kewaspadaan terkait penyebaran Virus Cacar Monyet atau Monkeypox. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pun meminta seluruh masyarakat Kota Pahlawan untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Meskipun Kota Surabaya belum mencatatkan adanya kasus Monkeypox, namun telah menyiapkan lokasi isolasi atau karantina bagi pasien yang ditempatkan di RSUD dr. Soewandhie.

"Surabaya masih nol, kalau ditemukan kita langsung lakukan isolasi dan kita sudah siapkan juga lokasinya. Kita juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jatim," kata Eri, Rabu (31/8/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Nanik Sukristina menjelaskan langkah-langkah pencegahan terhadap Virus Cacar Monyet. Nanik menyarankan masyarakat untuk memasak daging dengan sempurna, menghindari kontak fisik atau menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit, terutama yang mempunyai gejala menyerupai Cacar Monyet.

Selanjutnya, kata Nanik, bagi warga yang sedang dalam kondisi kurang sehat, bisa menjaga jarak dengan masyarakat, serta memakai masker, dan tidak bepergian ke tempat umum. Nanik menjelaskan cara mendeteksi penyakit Cacar Monyet adalah dengan mengenali tanda dan gejalanya. Di antaranya demam tiba-tiba dengan suhu tubuh di atas 38,5 derajat celcius, nyeri otot, sakit kepala, lemas, pembengkakkan kelenjar getah bening terutama pada daerah leher dan ketiak, dan ruam pada kulit terutama pada lipatan kulit.

Nanik mengaku, upaya promosi kesehatan melalui sosialisasi tentang kewaspadaan terhadap penyakit Monkeypox sudah dilakukan Dinkes Kota Surabaya kepada masyarakat. Sosialisasi kepada masyarakat, rumah sakit, perawat klinik Kota Pahlawan, serta melalui media sosial milik Dinkes Kota Surabaya.

"Untuk penanganannya, apabila virus tersebut menjangkit warga Kota Surabaya akan dilakukan pelacakan kasus beserta kontak eratnya, serta dilakukan pengambilan sampel bagi kasus untuk dikirim dan diperiksakan ke Laboratorium Rujukan Nasional BKPK Kemenkes RI dan Laboratorium Institut Pertanian Bogor (IPB)," ujarnya.

Lebih lanjut, apabila ditemukan kasus yang diduga Cacar Monyet, maka pasien tersebut akan dirujuk ke Rumah Sakit rujukan yang memiliki ruang isolasi khusus. Ia pun mengimbau masyarakat Kota Surabaya untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila mengalami gejala mirip penyakit Cacar Monyet atau pernah melakukan kontak dengan pasien Cacar Monyet.

“Serta melaporkan ke Puskesmas terdekat apabila ditemukan seseorang yang mengalami gejala seperti penyakit Cacar Monyet,” ujarnya.

Terkait


Pemkot Surabaya Siapkan Tempat Isolasi untuk Pasien Cacar Monyet

WHO Yakin Wabah Cacar Monyet di Eropa Bisa Dieradikasi

Pemerintah Sudah Pesan 2.000 Dosis Vaksin Cacar Monyet

Flu Tomat Serang Ratusan Anak di India, Ini Dia Gejala Utamanya

Bio Farma Ungkap Tiga Kandidat Vaksin Cacar Monyet untuk Digunakan Indonesia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark