Rabu 31 Aug 2022 20:50 WIB

Chelsea Akhirnya Berhasil Rekrut Pemain Muslim Idaman

Ia dinilai memiliki potensi besar lantaran baru berusia 21 tahun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Arsenal Granit Xhaka, kiri, dan pemain Leicester City Wesley Fofana berebut bola dalam pertandingan Liga Inggris di Emirates Stadium, London, Sabtu, 13 Agustus 2022.
Foto: Mike Egerton/PA via AP
Pemain Arsenal Granit Xhaka, kiri, dan pemain Leicester City Wesley Fofana berebut bola dalam pertandingan Liga Inggris di Emirates Stadium, London, Sabtu, 13 Agustus 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea akhirnya berhasil mendatangkan salah satu pemain incaran utama pada jendela transfer musim panas kali ini. Setelah tiga kali mendapatkan penolakan dari Leicester City, Chelsea sukses memboyong bek tengah asal Prancis, Wesley Fofana.

Klub asal London Barat itu pun telah mengumumkan secara resmi perekrutan bek tengah berusia 21 tahun tersebut. Tidak tanggung-tanggung, The Blues langsung mengikat Fofana dengan durasi kontrak jangka panjang selama tujuh tahun. 

Baca Juga

''Wesley Fofana menjadi pemain Chelsea setelah menyelesaikan kepindahan dari Leicester City pada hari ini, Rabu (31/8/2022) waktu setempat. Fofana menandatangani kontrak dengan durasi selama tujuh tahun,'' tulis pernyataan Chelsea di laman resmi klub, Rabu (31/8/2022). 

Berdasarkan lansiran Sky Sports, Chelsea akan menggelontorkan biaya transfer sebesar 75 juta poundsterling, termasuk lima juta poundsterling sebagai bonus, dalam kepindahan Fofana tersebut. Kabarnya, Chelsea dan Leicester City sudah mencapai kesepakatan secara lisan pada akhir pekan lalu. 

Kesepakatan antara kedua klub tersebut kemudian diikuti dengan tes medis, yang dilakukan Fofana di Amerika Serikat pada awal pekan ini. Tes medis itu menjadi salah satu bagian terakhir dari penyelesaian kepindahan mantan bek tengah Saint Ettiene itu ke Stadion Stamford Bridge. 

Pengumuman The Blues ini menjadi akhir dari upaya keras kampiun Liga Champions musim 2020/2021 untuk bisa mendatangkan Fofana. Sebelum akhirnya bisa membujuk The Foxes melepas Fofana, The Blues diketahui telah tiga kali mengajukan penawaran kepada The Foxes. 

Namun, sebanyak itu pula The Blues mendapatkan penolakan dari Leicester City. Dalam tiga tawaran tersebut, Chelsea terus memperbauri tawaran nilai transfer. Dari sebesar 60 juta poundsterling, hingga 70 juta poundsterling, termasuk 10 juta poundsterling sebagai bonus. 

Akhirnya, kedua klub sepakat dengan biaya transfer sebesar 75 juta poundsterling. Padahal, The Foxes sempat dikabarkan tidak akan melepas Fofana dengan nilai transfer tidak kurang dari 80 juta poundsterling.

Dengan besaran nilai transfer tersebut, Fofana berpeluang memecahkan rekor transfer pemain bertahan sejagat, yang saat ini masih digenggam oleh Harry Maguire saat direkrut United dari The Foxes pada 2019 silam. 

Fofana, yang mulai memperkuat Leicester City pada 2020 itu, muncul sebagai incaran utama The Blues menyusul kegagalan mendatangkan Jules Kounde dari Sevilla. Selain ditopang dengan kemampuan teknik yang mumpuni, Fofana juga dinilai memiliki potensi besar lantaran baru berusia 21 tahun. Kehadiran Fofana di skuad The Blues melengkapi barisan pemain bertahan anyar yang telah didatangkan Chelsea. 

Sebelumnya, Kalidou Koulibaly dan Marc Cucurella telah memperkaya opsi pemain di lini belakang dalam skuad besutan Thomas Tuchel tersebut. Seiring dengan kepindahan ke Chelsea, Fofana pun memiliki target tersendiri. 

''Saya sudah tidak sabar untuk bisa merumput buat tim ini. Saya di sini untuk bisa merai trofi bergengsi, mulai dari Liga Champions, Liga Primer Inggris, Piala FA, dan Piala Liga Inggris. Saya datang ke tim yang memang dibangun untuk meraih trofi-trofi tersebut,'' ujar Fofana seperti dilansir laman resmi Chelsea.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement