Rabu 31 Aug 2022 23:41 WIB

Pemkot Cirebon Hibahkan Aset Lahan dan Bangunan Untuk Kepolisian

Pemkot Cirebon harapkan kolaborasi yang baik dengan Polri.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Pemkot Cirebon Hibahkan Aset Lahan dan Bangunan Untuk Kepolisian. Foto:   Logo Polri
Foto: istimewa
Pemkot Cirebon Hibahkan Aset Lahan dan Bangunan Untuk Kepolisian. Foto: Logo Polri

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON – Pemkot Cirebon menghibahkan beberapa aset lahan dan bangunan kepada Polres Cirebon Kota. Penandatanganan naskah hibah dan serah terima dilakukan di ruang Adipura Kencana Balai Kota Cirebon, Rabu (31/8/2022).

Barang Milik Daerah (BMD) Pemkot Cirebon yang dihibahkan itu adalah lahan dan bangunan eks Pusat Pendidikan dan Latihan Korpri (Pusdiklatpri) di Jalan Cipto Mangunkusumo, Pos Polisi Kesambi di Jalan Perjuangan, dan Pos Polisi Lemahwungkuk di Jalan Kalijaga Pegambiran.

Baca Juga

 

Penandatanganan dan serah terima hibah aset tersebut disaksikan langsung Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cirebon.

 

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, mengungkapkan, peran kepolisian di Kota Cirebon sejauh ini bukan hanya sebagai aparat penegak hukum. Melainkan menjadi mitra yang baik bagi Pemda Kota Cirebon.

 

‘’Polres Cirebon Kota telah banyak berkontribusi bagi Kota Cirebon, selain sebagai aparat penegak hukum. Misalnya dalam hal penanganan pandemi Covid-19, kita semua merasakan peran dari jajaran kepolisian,’’ tukas Azis.

 

Untuk itu, lanjut Azis, sudah sepatutnya Pemda Kota Cirebon juga memberikan dukungan penuh kepada Polres Cirebon Kota untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya melalui kehadiran gedung kantor yang lebih representatif.

 

‘’Apabila wujud kantor lebih representatif, maka bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,’’ kata Azis.

 

Azis menilai, Mako Polres Cirebon Kota yang saat ini tergolong kecil, perlu peningkatan kapasitas. Sehingga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, akan semakin membuat nyaman.

 

‘’Oleh sebab itu, kami berterima kasih kepada semua unsur yang sudah melakukan percepatan pemindahtanganan aset lahan dan bangunan ini,’’ tutur Azis.

 

Rencananya, sambung Azis, jika Mako Polres Cirebon Kota sudah berpindah ke lokasi baru di eks gedung Pusdiklatpri, Pemda Kota Cirebon dapat membangun mal pelayanan publik di lokasi eks Mako Polres Cirebon Kota Jalan Veteran. 

 

‘’Nanti eks bangunan Polres Cirebon Kota kita jadikan mal pelayanan publik. Meski pelayanan sudah serba online, tetapi tetap kantor secara fisik harus hadir,’’ cetus Azis.

 

Sementara itu, Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana, mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemda Kota Cirebon terhadap kepolisian. Hal itu merupakan sebuah kehormatan karena belum tentu pemimpin berikutnya memiliki pemikiran dan kebijakan seperti itu.

 

‘’Terima kasih atas segala upaya yang telah diberikan kepada kami. Sehingga wujud atau postur polisi di Kota Cirebon ini bisa sesuai dengan harapan masyarakat,’’ tutur Suntana.

 

Suntana berharap, setelah pemindahtanganan aset ini, tahun depan Mako Polres Cirebon Kota yang baru sudah bisa dibangun di lokasi eks gedung Pusdiklatpri.

 

‘’Tapi saya ingatkan kepada seluruh jajaran Polres Cirebon Kota, agar kebaikan Pemda Kota Cirebon ini bisa dibalas dengan kombinasi pelayanan yang lebih baik,’’ tukas Suntana.

 

Selain itu, Suntana juga mengingatkan agar jajaran Polres Cirebon Kota bisa menjaga harmonisasi hubungan dengan masyarakat dan TNI, serta memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. 

 

  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement