Rabu 31 Aug 2022 23:46 WIB

Wanita Ini Alami 'Alergi Gravitasi', Habiskan 23 Jam di Tempat Tidur

Lyndsi Johnson (28 tahun) tidak bisa berdiri lebih dari tiga menit.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Wanita yang mengalami kondisi yang dikenal sebagai Postural Tachycardia Syndrome (PoTS), yang berarti bahwa setiap kali dia berdiri atau duduk, detak jantungnya meningkat, yang juga disebut sebagai alergi terhadap gravitasi. (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/RUNGROJ YONGRIT
Wanita yang mengalami kondisi yang dikenal sebagai Postural Tachycardia Syndrome (PoTS), yang berarti bahwa setiap kali dia berdiri atau duduk, detak jantungnya meningkat, yang juga disebut sebagai alergi terhadap gravitasi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang wanita yang dulu bekerja di Angkatan Laut AS telah dihantam oleh kondisi langka yang berarti dia pingsan setiap kali dia berdiri. Lyndsi Johnson (28 tahun) yang sebelumnya bekerja sebagai mekanik diesel sekarang menghabiskan 23 jam di tempat tidur dan tidak bisa berdiri lebih dari tiga menit.

Wanita ini menderita kondisi yang dikenal sebagai Postural Tachycardia Syndrome (PoTS), yang berarti setiap kali dia berdiri atau duduk, detak jantungnya meningkat, yang juga disebut Lyndsi sebagai alergi terhadap gravitasi. Kondisinya sangat parah sehingga dia pingsan hingga 10 kali sehari dan hanya bisa bangun untuk makan atau mandi.

Baca Juga

Dia pertama kali mulai menderita sakit perut dan punggung pada Oktober 2015, dengan gejalanya berangsur-angsur memburuk, mendorongnya untuk berulang kali mengunjungi dokter, sebelum didiagnosis pada Februari 2022. Sekarang dia dalam pengobatan. Lyndsi pingsan tiga kali sehari. Dia masih tidak bisa berbuat banyak untuk dirinya sendiri dan harus bergantung pada suaminya, James (30 tahun) yang juga pengasuhnya.

"Saya alergi terhadap gravitasi, kedengarannya gila tapi itu benar. Saya tidak bisa berdiri lebih dari tiga menit tanpa merasa pingsan, sakit atau pingsan," ujar Lyndsi, dari Bangor, Maine, AS, seperti dilansir laman Mirror, Rabu (31/8/2022).

"Saya merasa jauh lebih baik jika saya berbaring. Saya di tempat tidur sepanjang hari, hingga 23 jam sehari. Saya tidak pernah berpikir pada usia 28 saya harus menggunakan kursi mandi. Saya tidak bisa meninggalkan rumah saya lagi. Tidak ada obatnya, tetapi saya sangat bersyukur untuk James dan apa yang saya miliki," jelasnya.

Lyndsi pertama kali mulai tidak sehat saat dia bekerja di pengawas Angkatan Laut. Gejalanya berlanjut dan dia berjuang dengan rasa sakit kronis tetapi dokter tidak dapat menemukan apa yang salah.

Pada Mei 2018, dia diberhentikan secara medis dari militer karena penyakitnya. Enam bulan kemudian dia mulai mengalami sakit perut yang parah dan dia mulai muntah.

"Sangat buruk sehingga saya berteriak kesakitan dan muntahnya adalah seperti yang di The Exorcist (film horor-Red)," tambah Lyndsi.

Para dokter masih tidak dapat menemukan apa yang salah, dan Lyndsi terus berjuang melawan penyakitnya. Dia bahkan dirawat di rumah sakit beberapa kali selama beberapa tahun terakhir, tetapi dia diberitahu bahwa itu mungkin kecemasannya yang menyebabkan gejalanya.

Pada Oktober 2020, Lyndsi pingsan di dalam lift dalam perjalanannya ke rumah sakit. "Itu benar-benar menakutkan," katanya.

"Pingsan saya semakin parah dari sana. Saya pingsan di mana-mana, saya akan berbelanja di supermarket dan saya harus duduk karena saya merasa pingsan atau di gym. Saya bahkan pingsan setelah anjing saya menggonggong," ujarnya.

Lyndsi harus berhenti mengemudi dan berjuang bahkan untuk membungkuk tanpa merasa pusing. "Saya akan muntah begitu banyak hingga jantung saya mulai mengalami interval QT yang berkepanjangan dan saya akan berada di rumah sakit untuk pemantauan jantung," kata Lyndsi.

“Saya akhirnya dapat berbicara dengan ahli jantung lain yang menyadari bahwa saya mungkin menderita PoTS.”

Lyndsi menjalani tes kemiringan pada Februari 2022, yang mengukur detak jantung, tekanan darah , dan oksigen darah Anda dan dia secara resmi didiagnosis menderita PoTS.

"Saya sangat bersyukur akhirnya tahu apa yang salah dengan saya sehingga saya bisa dirawat," katanya. Lyndsi sekarang menggunakan betablocker yang telah mengurangi pingsannya menjadi tiga kali sehari dan membantu mengatasi mualnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement