Kamis 01 Sep 2022 15:19 WIB

Jenderal Andika Promosikan Eks Pengawal Jokowi Jadi Danrem Wijayakrama

Andika juga menunjuk Laksma Kisdiyanto sebagai Kapuspen TNI.

Red: Erik Purnama Putra
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.
Foto: Republika/Flori sidebang
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Andika Perkasa mengganti posisi Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI dari Mayjen Prantara Santosa kepada Laksma Kisdiyanto. Prantara akan menjadi staf khusus KSAD dan Kisdiyanto sebelumnya menjabat Wakil Kapuspen TNI. Kisdiyanto pun akan mendapatkan kenaikan bintang dan menyandang pangkat Laksda.

Adapun posisi Wakil Kapuspen TNI akan dijabat Brigjen Rano Maxim Adolf Tilaar yang sebelumnya menempati Komandan Korem (Danrem) 032/Wijayakrama. Dalam surat mutasi yang didapatkan Republika di Jakarta, Kamis (1/9/2022), Andika juga mempromosikan Kolonel Achiruddin yang sekarang menduduki Danrem 074/Warastratama untuk menjabat Danrem 032/Wijayakrama.

Dengan mutasi tersebut maka Kolonel Achiruddin akan menjadi abiturien Akademi Militer (Akmil) 1997 pertama yang meraih bintang satu atau pangkat Brigjen. Eks Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang bertugas mengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut sebelumnya berdinas di Solo dan akan pindah ke Jakarta.

"Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/818/VIII/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI," tertanda Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Jakarta, 29 Agustus 2022.

Dikutip Republika di Jakarta, Kamis (1/9/2022), Andika juga menunjuk Laksda Heru Kusmanto dari Asrenum Panglima TNI promosi menjadi Panglima Koarmada RI. Heru yang akan mendapatkan pangkat bintang tiga menggantikan Laksdya Abdul Rasyid Kacong yang memasuki masa pensiun.

Andika juga mempromosikan Kepala Staf Koopsudnas Marsda Noyvan Samyoga menjadi Panglima Kogabwilhan II. Noyvan yang juga promosi di jabatan bintang tiga menggantikan Marsdya Imran Baidirus yang memasuki masa purnabakti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement