Kamis 01 Sep 2022 17:28 WIB

Dalam Sebulan, 23 PNS Pemkot Sukabumi Masuk Masa Pensiun

Penghormatan diberikan kepada mereka yang puluhan tahun mengabdi sebagai PNS.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Foto: setkab.go.id
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak 23 orang aparatur sipil negara (ASN) yang memasuki masa purna bhakti awal per 1 September 2022. Mereka dilepas secara resmi di Balai Kota Sukabumi, Kamis (1/9/2022).

Dari 23 orang tersebut ada nama Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi Beni Haerani yang memasuki masa purna bhakti. Pelepasan secara kedinasan ini sebagai bentuk penghormatan atas pengabdian dan dedikasi kepada para ASN Pemkot Sukabumi yang memasuki masa pensiun.

Baca Juga

"Kegiatan ini dalam kerangka penghormatan kepada yang puluhan tahun melakukan pengabdian kepada masyarakat Sukabumi melalui Pemkot Sukabumi," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Kebiasaan ini dilakukan sejak menjabat wali kota pada 2018 lalu.

Di mana ada ASN yang sudah mengabdi puluhan tahun yang menunjukkan separuh di kehidupan untuk memberikan pelayanan kepada warga Kota Sukabumi. Bagi pemkot sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi atas dukungan yang diberikan kepada masyarakat melalui pemda.

Sehingga dilakukan pelepasan secara resmi sebagai apresiasi. Kali ini ASN yang masuk masa purna bhakti berasal dari berbagai instansi di Pemkot Sukabumi. Fahmi mengatakan, jumlah aparatur yang meninggalkan (baik pensiun dan lainnya) belum sebanding dengan yang masuk. Misalnya dari pensiun bulan ini ada 23 orang. Kekurangan SDM aparatur sangat dirasakan, namun pemkot tetap optimal dalam memberikan pelayanan kepada warga.

Di sisi lain wali kota berharap, setelah memasuki masa purna bhakti bukan berarti tidak berkiprah dalam pembangunan Kota Sukabumi. Di mana para ASN yang masuk purna bhakti tetap menjadi bagian tidak terpisahkan dari keluarga besar pemkot. "Saya yakin bapak/ibu tetap menjadi pribadi yang produktif karena memiliki bekal luar biasa mengabdi selama puluhan tahun di pemda," kata dia.

Perwakilan ASN Purna Bhakti Beni Haerani mengatakan, merasa tersanjung karena dilepas secara resmi dan merasa bahagia. "Kami mengucapkan terimakasih kepada wali kota dan wakil wali kota," ujar dia.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَ مُوْسٰى رَبَّنَآ اِنَّكَ اٰتَيْتَ فِرْعَوْنَ وَمَلَاَهٗ زِيْنَةً وَّاَمْوَالًا فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَاۗ رَبَّنَا لِيُضِلُّوْا عَنْ سَبِيْلِكَ ۚرَبَّنَا اطْمِسْ عَلٰٓى اَمْوَالِهِمْ وَاشْدُدْ عَلٰى قُلُوْبِهِمْ فَلَا يُؤْمِنُوْا حَتّٰى يَرَوُا الْعَذَابَ الْاَلِيْمَ
Dan Musa berkata, “Ya Tuhan kami, Engkau telah memberikan kepada Fir‘aun dan para pemuka kaumnya perhiasan dan harta kekayaan dalam kehidupan dunia. Ya Tuhan kami, (akibatnya) mereka menyesatkan (manusia) dari jalan-Mu. Ya Tuhan, binasakanlah harta mereka, dan kuncilah hati mereka, sehingga mereka tidak beriman sampai mereka melihat azab yang pedih.”

(QS. Yunus ayat 88)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement