Kamis 01 Sep 2022 17:56 WIB

Pemburu Asteroid Khawatir Jumlah Satelit Orbit Rendah Ganggu Pertahanan Planet

Satelit di orbit Bumi rendah mempengaruhi pengamatan yang diambil selama senja.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Asteroid 3200 Phaethon menunjukkan reaksi aneh saat berada dekat matahari. Pemburu Asteroid Khawatir Jumlah Satelit Orbit Rendah Ganggu Pertahanan Planet
Foto: NASA/JPL-Caltech/ IPAC

REPUBLIKA.CO.ID, MASSACHUSETTS -- Sejumlah ilmuwan dan penelitian pertahanan planet telah menyuarakan keprihatinan mereka sendiri tentang topik meningkatnya jumlah satelit di orbit Bumi rendah (LEO).

Apollo Academic Surveys dan Carrie Nugent dari Olin College of Engineering di Massachusetts menyurvei para ahli pertahanan planet tentang berbagai topik mengenai asteroid dekat Bumi (NEA) dan komet. Dilansir dari Space, Kamis (1/9/2022), dari 34 ahli yang disurvei, semuanya sedikit khawatir tentang efek kepadatan satelit pada deteksi asteroid; 24 persen diidentifikasi sebagai sangat prihatin.

“Studi (misalnya Mroz et al. 2022) telah menunjukkan satelit LEO dapat sangat mempengaruhi pengamatan yang diambil selama senja, dan itu adalah ruang parameter penting untuk pencarian NEO,” tulis salah satu peserta survei anonim.

Responden lain menunjukkan potensi masalah peluncuran misi mitigasi-misalnya, deflektor asteroid seperti misi DART Badan Antariksa Amerika (NASA)-melalui banjir satelit buatan.

“Saya pikir benar-benar mengerikan bahwa tidak ada tindakan nyata yang dilakukan untuk memerangi masalah ini. Ini hanya akan menjadi lebih buruk dan membuat banyak masalah untuk penemuan berbasis darat,” tulis Cristina Thomas dari Northern Arizona University.

Tapi masih ada harapan. Beberapa ahli menunjuk pada sistem pengamatan berbasis ruang angkasa, seperti teleskop luar angkasa NASA NEO Surveyor yang diharapkan akan diluncurkan oleh badan tersebut pada 2028, sebagai masa depan untuk memantau potensi ancaman. “Aset berbasis ruang angkasa adalah kemajuan yang tepat dari penemuan NEO. Aset pencarian berbasis darat semakin berkurang pentingnya,” tulis peserta survei anonim lainnya.

Untuk pengamatan berbasis darat, peneliti mungkin dapat mengembangkan perangkat lunak untuk menyaring sebagian besar gangguan dari satelit buatan, seperti yang telah dilakukan oleh pengamat astronomi.

“Survei yang dirancang dengan baik dan berfokus pada NEO dapat dibuat kuat agar tidak kehilangan gambar (atau pecahan gambar) sesekali karena jejak satelit,” tulis Eric Christensen dari University of Arizona, yang menjabat sebagai peneliti utama Catalina Sky Survey, salah satu dari dua program pendeteksi asteroid dengan deteksi paling banyak untuk namanya, menurut NASA.

"Saya telah memperkirakan megakonstelasi Starlink yang dibangun sepenuhnya dapat menurunkan efisiensi deteksi Catalina Sky Survey beberapa sepersepuluh persen,” katanya. Tapi dia mencatat bahwa survei astrofisika lainnya mungkin lebih rentan terhadap ‘kebisingan’ tambahan dari jalur satelit.

Yuk Ngaji Hari Ini
Dan bagianmu (suami-suami) adalah seperdua dari harta yang ditinggalkan oleh istri-istrimu, jika mereka tidak mempunyai anak. Jika mereka (istri-istrimu) itu mempunyai anak, maka kamu mendapat seperempat dari harta yang ditinggalkannya setelah (dipenuhi) wasiat yang mereka buat atau (dan setelah dibayar) utangnya. Para istri memperoleh seperempat harta yang kamu tinggalkan jika kamu tidak mempunyai anak. Jika kamu mempunyai anak, maka para istri memperoleh seperdelapan dari harta yang kamu tinggalkan (setelah dipenuhi) wasiat yang kamu buat atau (dan setelah dibayar) utang-utangmu. Jika seseorang meninggal, baik laki-laki maupun perempuan yang tidak meninggalkan ayah dan tidak meninggalkan anak, tetapi mempunyai seorang saudara laki-laki (seibu) atau seorang saudara perempuan (seibu), maka bagi masing-masing dari kedua jenis saudara itu seperenam harta. Tetapi jika saudara-saudara seibu itu lebih dari seorang, maka mereka bersama-sama dalam bagian yang sepertiga itu, setelah (dipenuhi wasiat) yang dibuatnya atau (dan setelah dibayar) utangnya dengan tidak menyusahkan (kepada ahli waris). Demikianlah ketentuan Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Penyantun.

(QS. An-Nisa' ayat 12)