Kamis 01 Sep 2022 21:15 WIB

Nilai Wasit Sudah Benar, Conte Gagal Paham Penalti Tottenham Digagalkan VAR

Tottenham bermain imbang 1-1 kontra West Ham.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain West Ham Aaron Cresswell, kanan, menendang bola selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara West Ham dan Tottenham, di Stadion London, di London, Rabu, 31 Agustus 2022.
Foto: AP/Frank Augstein
Pemain West Ham Aaron Cresswell, kanan, menendang bola selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara West Ham dan Tottenham, di Stadion London, di London, Rabu, 31 Agustus 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Tottenham Hotspur Antonio Conte menegaskan VAR salah membatalkan keputusan penalti yang benar dan mengklaim sistem di Inggris cacat menyusul hasil imbang 1-1 Tottenham di kandang West Ham, Stadion London, pada pekan kelima Liga Primer Inggris, Kamis (1/9/2022) dini hari WIB. 

Spurs mendapat hadiah penalti setelah 11 menit ketika sundulan Harry Kane mengenai lengan bek the Hammers, Aaron Cresswell, yang terulur. 

Baca Juga

Namun setelah peninjauan selama empat setengah menit di Stockley Park, wasit Peter Bankes akhirnya pergi ke monitor yang menunjukkan bahwa bola telah mengenai wajah Cresswell di depan lengannya, dan membatalkan keputusannya sendiri.

"Sulit untuk dijelaskan. Saya tidak suka mengomentari keputusan wasit tetapi hari ini saya ingin mengomentari keputusan wasit, karena keputusan wasit itu benar," kata Conte dikutip dari Daily Mail, Kamis (1/9/2022).

"Saya mengatakan kepadanya pada akhir babak pertama 'Anda telah mengambil keputusan yang tepat' dan VAR pasti mempermalukan wasit. Membuatnya mengubah keputusan yang tepat benar-benar aneh," ujar Conte.

"Di Inggris mereka harus belajar lebih banyak untuk menggunakan VAR dengan cara yang benar. Anda harus belajar dengan sangat baik dan lebih akurat," tambahnya.

Tottenham memang memimpin dengan serangan balik klasik setelah Eric Dier memotong bola satu-dua antara Declan Rice dan Said Benrahma di tepi area Spurs. Umpan pertama Dier menemukan Kane, yang memberi makan Dejan Kulusevski sebelum berlari melewatinya di luar dan mengumpulkan bola kembali.

Umpan silang Kane dimaksudkan untuk Son Heung-min tetapi bek West Ham Thilo Kehrer lebih dulu sampai di sana dan mengalihkan bola ke gawang, menggagalkan gol pertama pemain Korea Selatan musim ini.

Namun, tuan rumah mengamankan poin kandang pertama musim ini ketika Tomas Soucek menerima bola dari Michail Antonio dan melepaskan bola ke gawang. "Pada akhirnya saya pikir kami memiliki kesempatan untuk mendapatkan tiga poin," kata Conte.

"Kami harus sedikit kecewa dengan hasil di satu sisi, tetapi di sisi lain tidak mudah bermain melawan West Ham di stadion ini. Kami kebobolan gol yang bisa kami hindari, tapi pada akhirnya satu poin bagus," jelasnya.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement