Kamis 01 Sep 2022 23:09 WIB

Hendri Satrio tak Heran Ridwan Kamil Masuk Bursa Capres/Cawapres Musra

Ridwan Kamil diyakini bisa amankan suara Jawa Barat.

Red: Joko Sadewo
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diyakini potensial untuk menjadi capres/cawapres. Foto ilustrasi
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diyakini potensial untuk menjadi capres/cawapres. Foto ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pakar politik Universitas Paramadina Hendri Satrio, mengaku tidak heran dengan masuknya Ridwan Kamil di capres/cawapres hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Jokowi. Ridwan Kamil diyakini akan bisa mengamankan suara Jawa Barat.

Hendri mengatakan elektabilitas Ridwan Kamil memang cukup kuat di survei-survei terkini. Tokoh Jabar, lanjutnya, memang harus dipertimbangkan untuk masuk jajaran capres maupun cawapres.

"Makanya nggak heran namanya mentereng di cawapres nomor paling atas hasil Musra,  bahkan masuk sepuluh besar di calon presiden," kata Hendri Satrio, Kamis (1/9/2022).

Kuatnya elektabilitas Ridwan Kami di Jawa Barat, kata pendiri  lembaga survei KedaiKopi ini, salah satunya soal masyarakat yang haus akan pemimpin yang muda yang punya gebrakan.

"Ridwan kamil adalah tokoh yang kuat dan disenangi di Jawa Barat.  Apresiasi terhadap ketokohan secara nasional juga didapat oleh RK. RK juga merepresentasikan kaum muda politik yang mumpuni," kata Hendi.

Peluang Ridwan Kamil menatap Pilpres 2024, menurut Hendri, terbuka lebar. Tentu hasil Musra yang dilakukan oleh relawan Jokowi membuka mata parpol untuk sekali lagi memikirkan kandidat capres-cawapres yang akan mereka usung.

"RK punya keunggulan secara elektoral bisa mengamankan Jawa Barat dan bahkan mungkin warga asli Jabar yang tinggal si seluruh Indonesia," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement