Jumat 02 Sep 2022 09:21 WIB

Kecerdasan Buatan Mampu Kembalikan Suara yang Hilang karena Kanker

Kecerdasan buatan bisa membantu pasien yang kehilangan suara akibat operasi kanker

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih
Kecerdasan buatan bisa membantu pasien yang kehilangan suara akibat operasi kanker. Ilustrasi.
Foto: www.freepik.com
Kecerdasan buatan bisa membantu pasien yang kehilangan suara akibat operasi kanker. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO — Sebuah perusahaan ventura yang berbasis di Tokyo menarik perhatian di Jepang karena layanan uniknya dalam menciptakan kembali suara melalui kecerdasan buatan (AI) untuk orang-orang  yang kehilangan suaranya karena operasi kanker. Dilansir Japan Today belum lama ini, CoeFont Co menggunakan AI untuk mempelajari nada dan aksen suara pengguna, bersama dengan kecepatan percakapan mereka sebelum operasi dilakukan.

Data itu kemudian menciptakan suara sintetis yang membacakan teks yang dimasukkan oleh pengguna yang terdengar seperti suara aslinya. Dipimpin oleh seorang mahasiswa dan anggota fakultas dari Institut Teknologi Tokyo, CoeFont telah menerima lebih dari 100 pertanyaan untuk layanan gratis.

Baca Juga

Perusahaan awalnya tidak bermaksud untuk mengembangkan teknologi yang didukung AI untuk layanan ini, menurut Shogo Hayakawa, presiden CoeFont dan mahasiswa tahun ketiga di Tokyo University. Hayakawa telah merancang layanan untuk pembuat video yang mengunggah konten mereka di situs seperti YouTube, menggunakan AI untuk membacakan kalimat setelah mempelajari suara penyiar dan artis suara.

Hayakawa menyadari kegunaan layanan untuk tujuan medis ketika Michiko Sakai, seorang penduduk Tokyo berusia 67 tahun, mendekatinya setelah dia didiagnosis menderita kanker trakea pada April 2021. Kanker telah menyebar ke saraf di pita suaranya, yang berarti Sakai tidak akan dapat berbicara setelah operasi.

Sakai, seorang konselor, dan suaminya Masahiko (68 tahun) menemukan CoeFont setelah mencari di internet. Dia menghubungi perusahaan sebelum secara resmi meluncurkan layanannya untuk pembuat video pada Juli 2021. Sakai disuruh membaca 700 kalimat delapan hari sebelum operasi sehingga AI bisa membuat suaranya dibuat ulang.

“Mendukung Bu Michiko membuat saya sadar bahwa ada cara lain untuk memanfaatkan layanan ini,” kata Hayakawa.

“Orang pertama yang saya ajak bicara setelah operasi adalah seorang perawat di rumah sakit. Dia terkejut mendengar suara saya sama seperti sebelumnya, itu membuat saya bahagia," ujar Sakai.

Saat Sakai mengetik kalimat di ponsel cerdasnya, suara yang terdengar alami datang dari speaker yang tidak jauh. Kata-kata itu terhubung dengan lancar, sehingga sulit untuk percaya bahwa suara itu telah disintesis.

“Tidak ada yang aneh tentang itu. Kami berbicara secara alami,”  kata Masahiko, sang suami.

Menurut organisasi yang berbasis di Tokyo yang mewakili orang-orang yang tidak bersuara, Jepang memiliki 20.000 hingga 30.000 orang yang kehilangan suara karena kanker. Meskipun ada cara untuk berbicara menggunakan kerongkongan sebagai ganti pita suara atau dengan menggunakan mesin khusus, metode tersebut memerlukan pelatihan dan hasilnya bervariasi dari orang ke orang.

Masanori Matsuyama, kepala organisasi, menghargai layanan CoeFont. “Meskipun membutuhkan pengetikan, siapa pun dapat dengan mudah menggunakannya dan berbicara dengan suara mereka sendiri,” kata dia. Matsuyama mengatakan dia berharap untuk melihat AI membuat kemajuan lebih lanjut dan mereproduksi suara dengan membaca gerakan mulut seseorang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement