Jumat 02 Sep 2022 11:02 WIB

Kementerian PUPR Targetkan Konstruksi Seksi 2 Tol Ciawi-Sukabumi Selesai Desember 2022

Tol Ciawi - Sukabumi saat ini untuk Seksi 1 sudah beroperasi ruas Ciawi - Cigombong.

Red: Nidia Zuraya
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (ilusrasi).
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya.
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (ilusrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menargetkan konstruksi Seksi 2 Jalan Tol Ciawi-Sukabumi rampung pada Desember 2022.

"Hingga saat ini tengah dilanjutkan penyelesaian konstruksinya, yang tengah dikerjakan konstruksinya adalah Seksi 2 ruas Cigombong - Cibadak sepanjang 11,9 km dengan progres konstruksi 81,24 persen dan ditargetkan selesai konstruksinya pada Desember 2022 mendatang," ujar Danang dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (2/9/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan kehadiran jalan Tol Ciawi - Sukabumi memberikan banyak dampak positif terharap pertumbuhan wilayah bagi masyarakat di Jawa Barat dan sekitarnya. Selain memberikan kelancaran akses berkendara, jalan tol ini juga mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan usaha di wilayah Jawa Barat, khususnya di wilayah Bogor, maupun di wilayah Sukabumi.

Danang mengatakan jalan Tol Ciawi - Sukabumi saat ini untuk Seksi 1 sudah beroperasi ruas Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 km sejak Desember 2018 lalu. Jalan Tol Ciawi - Sukabumi juga diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan menuju wilayah Sukabumi seperti akses menuju ke Pelabuhan Ratu nantinya dapat menempuh waktu kurang lebih satu jam.

Kemudian jika dari wilayah Jakarta ke Pelabuhan Ratu nantinya hanya menempuh waktu 2,5 jam sehingga akan semakin lebih cepat dalam memberikan dukungan kelancaran mobilitas berkendara masyarakat untuk menuju tempat wisata maupun kendaraan logistik yang didistribusikan di Jawa Barat.

Selanjutnya jalan tol ini juga memangkas waktu tempuh perjalanan dari Sukabumi baik kabupaten maupun kota yang mengarah ke Ciawi, sehingga dapat menghemat waktu satu sampai dua jam, dan saat ini hanya menjadi sekitar seperempat hingga setengah jam perjalanan saja.

Kehadiran jalan tol Bocimi juga memberikan dukungan terhadap konektivitas menuju banyak pariwisata terkenal dengan keindahan alamnya di wilayah Jawa Barat, seperti pantai di Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, hingga Gunung Gede dan banyak wisata lainnya yang cukup menarik untuk disinggahi.

Jalan Tol Ciawi - Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Trans Jabar Tol dengan nilai investasi sebesar Rp11,71 triliun. Nantinya Jalan Tol ini memiliki enam buah Simpang Susun (SS) yang terdiri dari SS Ciawi, SS Caringin, SS Cigombong, SS Cibadak, SS Sukabumi Barat, dan SS Sukabumi Timur.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement