Jumat 02 Sep 2022 16:11 WIB

Canggih! Sistem Imun Langsung Siap-Siap Begitu Kita Lihat Rekan Kerja Ada yang Sakit

Sistem imun akan bersiaga agar tubuh tidak jatuh sakit.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Ketika melihat ada rekan kerja yang sakit, sistem imun kita akan bersiaga agar tubuh tidak jatuh sakit.
Foto: www.pixabay.com
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Ketika melihat ada rekan kerja yang sakit, sistem imun kita akan bersiaga agar tubuh tidak jatuh sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sistem imun di dalam tubuh manusia ternyata lebih kuat dari apa yang kebanyakan orang pikirkan sebelumnya. Hanya dengan melihat orang lain yang sedang sakit pun, sistem imun akan langsung bersiap-siap untuk melawan penyakit.

Hal ini diketahui melalui sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Functional Ecology. Menurut studi ini, kesigapan sistem imun ini terjadi karena mendapatkan informasi dari otak.

Baca Juga

"Otak kita bisa memperoleh informasi dari orang yang sakit dan kemudian memicu perubahan pada fisiologi kita," ungkap asisten profesor di bidang ilmu biologi dari Schmid College of Science and Technology di Chapman University, Patricia Lopes, seperti dilansir The Sun, Jumat (2/9/2022).

Sebagai contoh, lanjut Lopes, mengobservasi gambar-gambar orang sakit sudah bisa memicu aktivasi sistem imun. Contoh lainnya, ketika berdekatan dengan orang yang sakit, sistem imun akan bersiaga agar tubuh tidak jatuh sakit.

Lopes mengatakan sistem imun berperan dalam melindungi tubuh dari berbagai ancaman kuman penyakit. Di sisi lain, fisiologi manusia bisa berubah dengan drastis untuk menunjang proses pemulihan dari penyakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement