Jumat 02 Sep 2022 19:26 WIB

Polda Metro Catat 1.025 Peserta Daftar Ajang Balap Jalanan Kemayoran

Balap jalanan yang akan digelar keempat kalinya diharapkan menjadi ajang nasional

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Peserta memacu sepeda motornya pada ajang street race (balap jalanan) di Central Park Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (18/6/2022).
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Peserta memacu sepeda motornya pada ajang street race (balap jalanan) di Central Park Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (18/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat sudah ada 1.025 pembalap yang mendaftar untuk ajang balap jalanan atau street raceseri keempat di Kemayoran, Jakarta Pusat pada Sabtu (3/9/2022) dan Ahad (4/9/2022).

"Sudah kita tutup di 1.025 orang. Ada yang fun race, ada yang komunitas, ada yang battle. Jadi dari pagi sudah kita laksanakan fun race," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat ditemui di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (2/9/2022).

Baca Juga

Latif menjelaskan balap jalanan yang akan digelar keempat kalinya ini diharapkan menjadi ajang nasional yang mampu mengakomodasi bagi penggemar balap. Dengan adanya ajang balap jalanan ini, para pembalap tidak lagi terlibat dalam aksi balap liar atau kegiatan ilegal lainnya yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

"Ini kan sudah seri keempat, siapa tahu ini akan dinasionalkan. Harapan dari Pak Kapolda ingin menampung energi-energi yang hobi itu. Pak Kapolda fasilitasi dengan street race ini sehingga diharapkan tidak ada lagi (balap liar)," kata Latif.

Latif juga memastikan tidak ada taruhan terselubung dari para peserta maupun penonton balap mengingat peserta yang kebanyakan berasal dari komunitas. Adapun ajang balap jalanan seri keempat akan digelar di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada akhir pekan ini.

Jalan Benyamin Sueb dinilai cocok sebagai lokasi balap jalanan karena konstruksi jalan sesuai untuk balap dan luas yang memadai untuk menampung para pembalap dan penonton. Diperkirakan sekitar 2.000 sampai 5.000 penonton akan menghadiri ajang balap jalanan tersebut. "Mungkin sampai dua ribu sampai lima ribuan (penonton) karena kita siapkan UMKM juga vaksin booster," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement