Sabtu 03 Sep 2022 18:10 WIB

Mampukah Aubameyang Hancurkan Mitos Nomor Punggung Terkutuk di Chelsea?

Tak ada pemain yang mampu bersinar dengan nomor punggung ini di Chelsea.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pierre-Emerick Aubameyang.
Foto: AP/Joan Monfort
Pierre-Emerick Aubameyang.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pierre Emerick-Aubameyang akan menggunakan jersey No.9 di Chelsea setelah menyelesaikan kepindahannya dari Barcelona pada batas akhir jendela transfer musim panas ini. Pemain berusia 33 tahun itu bergabung dengan bayaran sekitar 12,2 juta poundsterling dari Barcelona. 

Aubameyang menjadi tambahan ketujuh Todd Boehly musim panas ini saat Denis Zakaria membuatnya menjadi delapan pada Jumat dini hari waktu setempat. Aubameyang telah menandatangani kontrak dua tahun di London barat, dengan bek Blues Marcos Alonso pindah ke Camp Nou sebagai bagian dari pertukaran.

Baca Juga

Ini mengakhiri masa baktinya yang pendek dengan Barcelona setelah hanya menyetujui kesepakatan dengan raksasa Spanyol pada Januari setelah kepergiannya dari Arsenal. Sejak itu, pemain berusia 33 tahun itu telah membuat 24 penampilan untuk Barca di semua kompetisi, mencetak 13 gol dan membantu pasukan Xavi mendapatkan tempat di Liga Champions musim ini.

Alih-alih mewakili Barcelona dalam kompetisi, Aubameyang malah akan mengenakan warna biru Chelsea dengan kepindahannya ke Stamford Bridge yang kini telah dikonfirmasi. Sejak saat itu dia telah diberi kesempatan untuk mengenakan jersey No.9 'terkutuk' saat dia mencoba untuk berhasil di klub di mana banyak orang lain gagal.

Faktanya, pemain terakhir yang mengenakan jersey itu adalah Romelu Lukaku setelah dia kembali ke klub untuk periode keduanya musim panas lalu. Striker Belgia, bagaimanapun, berjuang di The Blues dan hanya mencetak delapan gol Liga Premier dalam 26 pertandingan sebelum ia memutuskan untuk bergabung kembali ke Inter dengan status pinjaman.

Gonzalo Higuain juga gagal memenuhi harapan ketika dia pindah ke Chelsea pada Januari 2019. Itu adalah rekrutan impian Maurizio Sarri - seorang striker yang dia tahu bagaimana mendapatkan yang terbaik setelah mengelola Argie di Napoli dengan sukses besar. 

Tapi Higuain yang mencetak 91 gol dalam 146 pertandingan di Naples tiga tahun sebelumnya adalah bayangan dirinya yang dulu di Inggris. Ia hanya mencetak lima gol dalam 19 pertandingan, sebelum kembali ke Juventus

Sementara itu, Higuain menggantikan Alvaro Morata yang keluar, yang tiba pada 2017 dengan harga sekitar 60 juta poundsterling. Banyak yang diharapkan dari mantan bintang Real Madrid, yang berhasil mencetak 15 gol di musim pertamanya. Morata bahkan mencoba mengganti nomor punggungnya menjadi 29, tetapi keadaan menjadi lebih buruk di musim keduanya saat ia hanya mencetak lima gol di Liga Primer Inggris.

Ini semua setelah Radamel Falcao mencoba untuk mengambil alih posisi lini depan meskipun tahun sebelumnya mengalami bencana di Manchester United. Dia tiba dengan status pinjaman dengan ide untuk pindah secara permanen dari Monaco pada tahun 2015. Berjuang dengan kebugarannya dan kecepatan permainan membuatnya dibatasi hanya 12 pertandingan, cuma mencetak satu gol.

Fernando Torres, Franco di Santo, dan Chris Sutton adalah di antara pemain lain yang kesulitan mengenakan seragam No.9 di The Blues selama bertahun-tahun. Tammy Abraham bisa dibilang satu-satunya pemain yang mengesankan saat mengenakan jersey itu, ia mencetak 18 gol di musim penuh pertamanya di klub, sebelum dibekukan.

Thomas Tuchel telah menyampaikan vonisnya atas rumor 'terkutuk' tersebut sebelumnya. "Ini terkutuk, itu terkutuk, orang-orang bilang itu terkutuk!" kata Tuchel.

"Tidak ada permintaan besar untuk nomor sembilan, pemain bahkan seperti kadang-kadang ingin mengubah nomor. Tapi, anehnya, tidak ada yang mau menyentuhnya," katanya.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement