Senin 05 Sep 2022 00:32 WIB

Livescore Liga Inggris: Menang di Old Trafford, MU Akhiri Rekor 100 Persen Arsenal

Manchester United mengalahkan Arsenal 3-1 dalam laga pekan keenam Liga Primer Inggris

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pemain Manchester United Marcus Rashford, tengah, merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Arsenal di stadion Old Trafford, di Manchester, Inggris, Ahad, 4 September 2022.
Foto: AP/Dave Thompson
Pemain Manchester United Marcus Rashford, tengah, merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Arsenal di stadion Old Trafford, di Manchester, Inggris, Ahad, 4 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) mengakhiri catatan 100 persen Arsenal di Liga Primer Inggris musim ini.  MU menakukkan the Gunners dengan skor 3-1 pada pekan laga keenam di Stadion Old Trafford, Ahad (4/9/2022).

Kemenangan Arsenal membuat MU mengemas empat kemenangan beruntun di Liga Primer Inggris. Hasil itu membawa MU naik ke posisi lima dengan nilai 12 dari empat kali menang dan dua kalah. Sementara Arsenal masih tetap di puncak dengan nilai 15.

Baca Juga

Pertandingan berjalan cukup menarik sejak menit awal. Tim tamu mampu merepotkan lini pertahanan MU meski beberapa peluang belum tepat sasaran.

Christian Eriksen nyaris membuka gol pada menit kedelapan. Berawal dari kreasi Antony di sektor sayap kanan, ia langsung mengirim umpan silang ke pojok kiri yang disambar langsung melalui kaki kiri Eriksen. Sayang tembakan spekulasi Eriksen dari sudut sempit masih melebar ke kanan penjaga gawang Aaron Ramsdale.

Tuan rumah terus mengepung pertahanan Arsenal melalui permainan sayap. Namun beberapa percobaan yang dilakukan Jadon Sancho belum mengkhawatirkan. 

Gabriel Martinelli membuat publik Old Trafford terbungkam pada menit ke-13. Berawal dari tekanan yang diberikan Martin Odegaard kepada Eriksen, bola diambil alih Bukayo Saka yang langsung mengirim umpan terobosan ke Martinelli. Sayang gol Martinelli dianggap tidak sah setelah wasit menyaksikan tayangan ulang melalui VAR. Odegaard diklaim melakukan dorongan terhadap Eriksen. Skor kacamata tetap bertahan.

Gabriel Jesus terlihat menadapat kawalan ketat dari Raphael Varane. Pergerakan striker asal Brasil itu terus dipatahkan oleh eks bek tengah Real Madrid.

Bruno Fernandes tergeletak setelah mendapat tekel dari gelandang tengah Arsenal Sambi Lokonga. Meski begitu, sang kapten dapat kembali memasuki lapangan.

Peluang emas didapat Arsenal umpan terukur Odegaard ke pojok kiri langsung disambut tandukan oleh Martinelli. Namun, kiper MU David De Gea dengan sigap menepis bola.

Hingga memasuki menit ke-35 pertandingan masih imbang tanpa gol. Arsenal memimpin penguasaan bola 51 persen berbanding 49 persen milik MU. Kedua tim total sama-sama mencatat tiga tembakan tepat sasaran.

Theater of Dream begemuruh setelah Antony mencetak gol debutnya bersama Setan Merah pada menit ke-36. Menerima umpan Rashford, dengan tenang winger asal Brasil melepas tembakan dengan kaki kiri ke pojok gawang Ramsdale. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Jesus lagi-lagi tak berkutik di hadapan Varane. Eks penyerang Manchester City terlalu mudah diredam oleh bek timnas Prancis tersebut. Pada menit ke-41 Rashford tergeletak setelah mendapat benturan dari Gabriel Magalhaes. Penyerang Inggris tersebut mendapat perawatan dari tim medis di pinggir lapangan, tapi bisa melanjutkan permainan.

Baca juga : Timnya Gebuk Arsenal, Pelatih MU: Pertahanan Kami Mengendalikan Mereka

Tak ada gol tercipta pada sisa waktu babak pertama. Skor 1-0 untuk MU masih bertahan hingga wasit meniup peluit tanda turun minum.

Arsenal mengendalikan permainan lewat strategi pressing yang diterapkan pelatih Mikel Arteta pada awal interval kedua. Para pemain MU kesulitan untuk memegang bola dengan permainan yang tinggi diperlihatkan oleh the Gunners.

Beberapa kali pergerakan cepat Bukayo Saka yang menyisir via pinggir kanan lapangan selalu merepotkan bek kiri MU Tyrell Malacia. Erik ten Hag melakukan pergantian pencetak gol Antony ditarik keluar digantikan oleh sang bintang Cristiano Ronaldo pada menit ke-57.

Kerja keras Saka berbuah hasil pada menit ke-59. Berawal dari umpan terobosan Odegaard ke Gabriel Jesus yang masih bisa dihalau Dalot, bola liar mengarah ke Saka yang dengan tenang melepas tembakan mendatar. Skor imbang 1-1.

Baca juga : 6 Fakta Angka Menarik yang Terungkap dari Kemenangan Man United atas Arsenal Semalam

Arsenal terus menekan MU dengan garis pertahanan tinggi. Namun ini harus dibayar mahal dengan kejelian Bruno Fernandes melepaskan umpan yang membuat Rashford lepas tanpa kawalan. Rashford mengembalikan keunggulan MU menjadi 2-1 lewat golnya pada menit ke-66.

Demi mengejar ketertinggalan Arteta melakukan tiga rotasi pemain sekaligus Odegaard ditarik keluar digantikan oleh Emil Smith Rowe, Nketiah masuk menggantikan Zinchenko, dan Fabio Vieira menggusur peran Sambi Lokonga.

Namun MU memperbesar keunggulan dengan situasi yang mirip seperti gol kedua. Eriksen lepas dari garis tengah tanpa kawalan karena garis pertahanan tinggi Arsenal. Ia berhadapan satu lawan satu dengan Ramsdale, tapi memilih untuk menyodorkan bola mendatar kepada Rashford yang tinggal berhadapan dengan gawang kosong. SKor menjadi 3-1 pada menit ke-75.

Arsena terus menekan sementara MU juga mendapatkan beberapa peluang. Namun operan akhir yang tak akurat membuat tuan rumah gagal menambah skor. Sementara penyelesaian akhir yang kurang tenang membuat peluang Arsenal gagal berubah menjadi gol. Skor 3-1 bertahan hingga empat menit injury time berakhir.

Baca juga : Sudah 100 Hari Melatih MU, Ten Hag Kini Berani Nyatakan Ini Soal Sir Alex Ferguson

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement