Senin 05 Sep 2022 19:56 WIB

Pengamat: Prabowo-Erick Thohir Pasangan Saling Melengkapi

Dalam survei LSI, pasangan Prabowo-Erick mengungguli pasangan lainnya.

Red: Joko Sadewo
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dinilai sebagai pasangan yang saling melengkapi, jika berduet di Pilpres 2024.
Foto: Bumn
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dinilai sebagai pasangan yang saling melengkapi, jika berduet di Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pasangan Prabowo Subianto-Erick Thohir dinilai sebagai pasangan yang saling melengkapi. Keduanya juga merupakan dua menteri yang menonjol di pemerintahan Jokowi.

Menanggapi survei LSI yang menempatkan pasangan Prabowo-Erick yang posisinya tertinggi (37,8 persen), mengungguli Ganjar-Puan (28,2 persen)  dan Airlangga-Ridwan Kamil (18 persen), pengamat politik Bawono Kumoro, menyebut temuan survei ini menunjukan kedua figur tersebut dilihat sebagian besar publik sebagai pasangan calon saling melengkapi satu sama lain.

“Latar belakang pengalaman di dunia militer dimiliki oleh Prabowo Subianto dilengkapi Erick Thohir berlatar-belakang sipil dan pengusaha sukses,” kata Bawono, Senin (5/9/2022).

Demikian juga latar belakang sebagai tokoh partai politik dimiliki oleh Prabowo Subianto dilengkapi latar belakang non partai politik dimiliki oleh Erick Thohir. “Karakter ketegasan dimiliki oleh sosok Prabowo Subianto dilengkapi dengan karakter kecakapan komunikasi dimiliki oleh Erick Thohir,” lanjut Bawono.

Selain itu, menurut Bawono, publik juga melihat kedua figur ini merupakan dua menteri menonjol dari jajaran menteri kabinet saat ini.

Bila kelak kedua figur ini berpasangan capres/cawapres, menurut Bawono, mereka bisa berbagi peran. Prabowo Subianto lebih kepada kepemimpinan nasional secara umum, terutama relasi dengan pemimpin-pemimpin negara lain. Sementara itu Erick Thohir lebih mengurusi manajemen pemerintahan dan juga memastikan implementasi kebijakan-kebijakan di lapangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement