Rabu 07 Sep 2022 05:55 WIB

Boris Johnson Sampaikan Dukungan Pada Liz Truss

Boris Johnson mengatakan Liz Truss akan melakukan segalanya untuk membantu rakyat

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan penggantinya Liz Truss akan melakukan segalanya untuk membantu rakyat mengatasi lonjakan harga energi.
Foto: AP/Andrew Boyers/PA
Mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan penggantinya Liz Truss akan melakukan segalanya untuk membantu rakyat mengatasi lonjakan harga energi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan penggantinya Liz Truss akan melakukan segalanya untuk membantu rakyat mengatasi lonjakan harga energi. Ia menggunakan pidato turun jabatannya untuk memberikan dukungan pada pemimpin baru Inggris.

"Dan saya tahu Liz Truss dan pemerintahan Partai Konservatif yang penuh kasih ini akan melakukan segalanya yang dapat kami lakukan agar masyarakat dapat melalui krisis ini dan negara ini akan bertahan dan kami akan menang," katanya di depan pintu kediaman resmi perdana menteri Inggris, Selasa (6/9/2022).

Liz Truss terpilih sebagai perdana menteri Inggris berikutnya. Ia memenangkan pemilihan ketua Partai Konservatif saat perekonomian kelima di dunia itu sedang menghadapi krisis biaya hidup, gejolak industri dan resesi.

Setelah persaingan keras dan memecah belah selama berminggu-minggu antara menteri luar negeri dengan mantan menteri keuangan Rishi Sunak. Truss keluar sebagai pemenang dengan perbandingan suara 81.326 dan 60.399.

"Kami harus menunjukkan kami akan menjalan tugas selama dua tahun ke depan, kami akan melaksanakan rencana berani untuk memotong pajak dan menumbuhkan ekonomi kami," kata Truss usai hasil pemilihan diumumkan, Senin (5/9/2022).

"Saya akan mengatasi krisis energi, menghadapi tagihan energi masyarakat tapi juga menghadapi masalah-masalah pasokan energi jangka panjang," tambahnya.

Johnson dipaksa mundur bulan Juli lalu setelah dilanda berbagai skandal selama berbulan-bulan sehingga dukungan pada pemerintahnya merosot.

Johnson akan bertemu dengan Ratu Elizabeth di Skotlandia untuk mengajukan pengunduran diri resmi. Truss akan ikut bersamanya dan kerajaan akan memintanya membentuk pemerintahan.

Truss yang dianggap perpanjangan tangan Johnson akan menjadi perdana menteri dari Partai Konservatif keempat sejak 2015. Sepanjang masa itu Inggris dilanda berbagai krisis, dan kini diramalkan akan menghadapi resesi panjang yang dipicu lonjakan inflasi yang mencapai 10,1 persen pada bulan Juli lalu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَابْتَلُوا الْيَتٰمٰى حَتّٰىٓ اِذَا بَلَغُوا النِّكَاحَۚ فَاِنْ اٰنَسْتُمْ مِّنْهُمْ رُشْدًا فَادْفَعُوْٓا اِلَيْهِمْ اَمْوَالَهُمْ ۚ وَلَا تَأْكُلُوْهَآ اِسْرَافًا وَّبِدَارًا اَنْ يَّكْبَرُوْا ۗ وَمَنْ كَانَ غَنِيًّا فَلْيَسْتَعْفِفْ ۚ وَمَنْ كَانَ فَقِيْرًا فَلْيَأْكُلْ بِالْمَعْرُوْفِ ۗ فَاِذَا دَفَعْتُمْ اِلَيْهِمْ اَمْوَالَهُمْ فَاَشْهِدُوْا عَلَيْهِمْ ۗ وَكَفٰى بِاللّٰهِ حَسِيْبًا
Dan ujilah anak-anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk menikah. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka telah cerdas (pandai memelihara harta), maka serahkanlah kepada mereka hartanya. Dan janganlah kamu memakannya (harta anak yatim) melebihi batas kepatutan dan (janganlah kamu) tergesa-gesa (menyerahkannya) sebelum mereka dewasa. Barangsiapa (di antara pemelihara itu) mampu, maka hendaklah dia menahan diri (dari memakan harta anak yatim itu) dan barangsiapa miskin, maka bolehlah dia makan harta itu menurut cara yang patut. Kemudian, apabila kamu menyerahkan harta itu kepada mereka, maka hendaklah kamu adakan saksi-saksi. Dan cukuplah Allah sebagai pengawas.

(QS. An-Nisa' ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement