Rabu 07 Sep 2022 12:36 WIB

Upaya Transparansi Terhadap Orang Tua, Universitas BSI Hadirkan BKOT

Adanya BKOT membuat orang tua menjadi tahu bagaimana memantau kuliah anaknya

Red: Christiyaningsih
Adanya BKOT membuat orang tua menjadi tahu bagaimana memantau kuliah anaknya.
Foto: UBSI
Adanya BKOT membuat orang tua menjadi tahu bagaimana memantau kuliah anaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA - Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) kembali mengadakan acara Bincang kampus Bersama Orang Tua (BKOT) yang diselenggrakan di aula Universitas BSI kampus Tasikmalaya, Sabtu (3/9/2022). Acara ini ditujukan  untuk menjalin silaturahmi antara civitas kampus dengan orang tua dengan mengusung tema Sinergi Kampus dengan Orang Tua dalam Menyiapkan Alumni Bertalenta Digital. 

Narasumber kegiatan ini yakni Ketua Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi Universitas BSI kampus Tasikmalaya Deddy Supriadi dan Koordinator Bidang II Non Akademik Universitas BSI Miftah Farid Adiwisastra. Pada kegiatan tersebut, kedua narasumber menyampaikan materi dari sisi akademik dan non-akademik. 

Baca Juga

Kepala Kampus Universitas BSI kampus Tasikmalaya Agung Baitul Hikmah menerangkan BKOT diselenggarakan sebagai bentuk transparansi lembaga terhadap proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang berlangsung nantinya.

“Kegiatan bincang kampus ini terselenggarakan selain sebagai ajang silaturahmi civitas kampus dengan orang tua juga sebagai kegiatan penyampaian proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di Universitas BSI sebagai kampus digital kreatif, agar mereka memahami apa aja yang akan dilalui mahasiswa selama ada di Universitas BSI kampus tasikmalaya,” katanya dalam rilis yang diterima, Selasa (6/9/2022). 

Deddy Supriadi pada kegiatan BKOT memberikan pemahaman seputar akademik dan cara para orang tua agar dapat memantau anaknya selama di kampus. “Pada acara BKOT disampaikan banyak hal. Salah satunya dalam sisi akademik, baik itu bagaimana proses KBM, serta bagaimana para orang tua bisa memantau kegiatan KBM para putra-putrinya yaitu dengan di sosialisasikannya aplikasi MyUBSI Parents sebagai aplikasi yang dapat digunakan orang tua untuk memantau kondisi putra-putrinya di kampus, baik dalam hal absen kuliah, melihat nilai, dan juga memantau pembayaran kuliah,” ujar Deddy. 

Miftah Farid Adiwisastra menjelaskan dalam proses KBM nanti selain mengasah ilmu dan pengetahuan di kelas juga diarahkan untuk aktif berorganisasi dan mengikuti lomba-lomba nasional baik akademik maupun non-akademik. “Kami berharap para orang tua agar memberikan motivasi pada putra-putrinya khususnya dalam meningkatkan soft skill baik dalam akademik maupun non-akademik, yakni dengan cara mengarahkan mereka untuk masuk ke salah satu UKM yang ada di kampus guna melatih soft skill mereka serta dapat mengikuti perlombaan-perlombaan nasional baik akademik maupun non-akademik,” imbuhnya. 

Pada kesempatan ini, Eri Sumarna salah satu orang tua mahasiswa menuturkan kegiatan BKOT sangat bermanfaat bagi orang tua dalam memantau anak yang akan kuliah di Universitas BSI. “Acara ini sangat bagus sekali karena dengan adanya BKOT membuat kami orang tua menjadi tahu bagaimana kami bisa memantau putra-putri kami dan mengurangi kekhawatiran terhadap putri-putri kami dalam menjalankan kuliah,” ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement