Kamis 08 Sep 2022 20:09 WIB

Sambut Mahasiswa Baru, Universitas Nusa Mandiri Sukses Gelar MOKA

Moka menjadi momentum untuk menyiapkan dan memperkenalkan maba

Red: Gita Amanda
 Semarak menyambut kedatangan mahasiswa baru (maba), Universitas Nusa Mandiri (UNM) sebagai kampus digital bisnis sukses menyelenggarakan Masa Orientasi Kampus (MOKA).
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Semarak menyambut kedatangan mahasiswa baru (maba), Universitas Nusa Mandiri (UNM) sebagai kampus digital bisnis sukses menyelenggarakan Masa Orientasi Kampus (MOKA).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semarak menyambut kedatangan mahasiswa baru (maba), Universitas Nusa Mandiri (UNM) sebagai kampus digital bisnis sukses menyelenggarakan Masa Orientasi Kampus (MOKA). Dengan mengusung tema Ignite Your Creativity, acara ini dilaksanakan di Nusa Mandiri Tower Jatiwaringin, Rabu (7/9/2022).

Rektor Universitas Nusa Mandiri, Prof Dr Dwiza Riana dalam sambutannya mengatakan Moka menjadi momentum untuk menyiapkan dan memperkenalkan maba sebagai proses transisi yang menjadi mahasiswa dewasa dan mandiri.

Baca Juga

"Diharapkan melalui kegiatan ini dapat mempercepat proses adaptasi maba dengan lingkungan kampus UNM, dan memberikan bekal keberhasilannya menempuh pendidikan baru di perguruan tinggi. Pelaksanaan kegiatan diharapkan menjadi wahana untuk menanamkan 5 program gerakan nasional, yaitu Indonesia Bersih, Indonesia Melayani, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu," ungkap Dwiza dalam siaran pers.

Ia menambahkan, melalui Moka ini mahasiswa kelak akan menjadi alumni UNM yang memiliki kedalaman ilmu, kelenturan akhlak, cinta tanah air dan mampu berdaya saing secara global. Tujuan dan hasil yang diharapkan adalah memberikan bekal pada maba agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, sehingga mengenal sistem pendidikan di perguruan tinggi.

"Ada beberapa poin yang kita harapkan yaitu menanamkan kesadaran berbangsa, bela negara, serta kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat sesuai dengan pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta Bhinneka Tunggal Ika. Kemudian mengenalkan sistem pengajaran dan kehidupan civitas akademika," imbuhnya.

Hadir pula sebagai narasumber, Nova Yudha Andriansyah selaku dosen Perhotelan, menjelaskan skema perkuliahan di UNM, mulai dari sistem perkuliahan, presensi, ujian hingga pelaksanaan wisuda. Sedangkan Siti Masturoh selaku Bidang II Non Akademik UNM, menjelaskan berbagai prestasi dan organisasi kegiatan mahasiswa.

"Maba tidak perlu khawatir, karena kuliah di UNM banyak lembaga pendukung yang akan membantu karir mahasiswa. Salah satunya Nusa Mandiri Career Center (NCC), nantinya mahasiswa akan dibekali berbagai skill untuk siap bersaing di dunia industri," kata Siti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement