Jumat 09 Sep 2022 04:01 WIB

Arsenal Menang di Kandang FC Zurich 2-1

Meski Mikel Arteta merotasi beberapa pemain.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.
Foto: AP/David Cliff
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, ST. GALLEN--Arsenal menang 2-1 atas tuan rumah FC Zurich dalam pertandingan pertama penyisihan grup A Liga Europa, di Stadion AFG Arena, St. Gallen, Swiss, Jumat (9/9/2022) dini hari WIB. The Gunners tampil mendominasi permainan sepanjang laga.

Meski Mikel Arteta merotasi beberapa pemain yang bermain saat kalah dari Manchester United, Arsenal tetap mendominasi permainan sejak pluit babak pertama dimulai. Arteta mencadangkan Gabriel Jesus. Adapun Gabriel Martinelli memimpin lini serang bersama Nketiah dan Marquinhos.

Baca Juga

Marquinhos menjawab kepercayaan Arteta dengan membawa Arsenal unggul 1-0 pada menit ke-16 berkat golnya. Ia meneruskan umpan silang yang dilakukan oleh Nketiah. Unggul satu gol membuat The Gunners semakin nyaman menekan pertahanan tuan rumah. Adapun Zurich terpaksa harus bermain bertahan untuk menahan gempuran serangan Arsenal.

Tuan rumah nyaris tak mempunyai ancaman serius ke gawang Arsenal. Kokohnya pertahanan Arsenal membuat serangan mereka dengan mudah dipatahkan. Pada menit ke-34, Zurich mempunyai peluang bagus melalui skema serangan balik.

Dari sisi kiri pertahanan Arsenal, pemain Zurich berlari cepat menusuk ke area penalti sebelum melakukan umpan silang. Namun tembakan rekannya diblok oleh pemain belakang Arsenal sehingga hanya menghasilkan tendangan pojok.

Tuan rumah mendapatkan hadiah penalti setelah Nketiah melakukan pelanggaran kepada Aliti di kotak terlarang. Kryeziu yang mengambil tugas penendang penalti melakukannya dengan sempurna. Gol tersebut sekaligus gol penutup di babak pertama dengan skor 1-1.

Arsenal tetap mendominasi permainan di babak kedua. Mereka menggempur pertahanan tuan rumah dari berbagai sisi. Nketiah, Martinelli dan Marquinhos bergantian memberikan ancaman kepada gawang Zurich. The Gunners unggul 2-1 pada menit ke-62 setelah Nketiah menjebol gawang Zurich lewat sundulan menyamut umpan silang Marquinho dari sisi kanan.

Beberapa saat setelah gol Nketiah, Zurich melakukan perubahan pemain. Keputusan itu cukup berdampak kepada peningkatan serangan mereka. Hal tersebut didukung dengan permainan Zurich yang tak lagi bertahan total. Namun usaha mereka tak berbuah hasil hingga pertandingan usai dengan skor 2-1 untuk kemenangan Arsenal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement