Sabtu 10 Sep 2022 22:38 WIB

Dua RT di Kosambi Tangerang Terendam Banjir

Sejauh ini belum ada laporan warga yang mengungsi.

Red: Agung Sasongko
Banjir ilustrasi.
Foto: Dok. BPBD Kabupaten Tangerang
Banjir ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua RT, yakni RT 01 dan RT 04 di Kampung Cilampe, Kelurahan Salembaran, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten, terendam banjir setinggi 50-60 sentimeter akibat meluapnya Kali Cilampe pada Sabtu (10/9/2022).

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, terdapat 98 kepala keluarga (KK) di dua RT yang digenangi banjir.

Baca Juga

"Total KK yang terdampak di RT 01 ada 48 KK dan RT 04 ada 50 KK," ucap Kepala Bidang Kedaruratan Dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir di Tangerang.

Dari dua area yang terendam banjir tersebut, saat ini telah dilakukan penanganan oleh BPBD dengan cara menyedot air yang menggenangi permukiman warga itu.

"Untuk penanganan banjir Cilampe, tim BPBD Kabupaten Tangerang melalui pos Damkar Kosambi sudah melakukan penyedotan denganmenurunkan satu mesin sedot, dengan 5 personil," ujar dia.

Camat Kosambi Dadang Sudrajat menambahkan, dari dua area rukun tetangga yang terdampak musibah banjir tersebut, hingga kini belum ada warga yang melakukan pengungsian."Sejauh ini belum ada laporan warga yang mengungsi," tuturnya.

Ia mengatakan, musibah banjir di permukiman Cilampe, Kelurahan Salembaran, Kecamatan Kosambihari ini terparah. "Karena wilayah itu paling dekat dengan kali, jadi saat ini terparah. Dan biasanya di situ jarang banjir juga," katanya.

Ia mengungkapkan, untuk penyebab terjadinya banjir di wilayahnya itu merupakan faktor dari adanya tumpukan sampah yang menutupi aliran kali. Sehingga, saat memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan aliran air itu pun meluap ke permukiman.

"Faktor sampah membuat laju air kali meluap, jadi naik ke permukiman warga. Dan kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak buang sampah sembarangan," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement