Ahad 11 Sep 2022 21:47 WIB

Rilis Lagu Paduan Lirik Jawa-Indonesia, Iwa K Gandeng Sujiwo Tejo

Iwa K berkolaborasi dengan Sujiwo Tejo saat merilis lagu barunya 'Mampir Ngombe'.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Rapper Iwa K merilis lagu Mampir Ngombe, hasil kolaborasi dengan Sudjiwo Tejo, saat tampil di hari pertama Flavs Festival 2022, Sabtu (10/9).
Foto: Dok Flavs Festival 2022
Rapper Iwa K merilis lagu Mampir Ngombe, hasil kolaborasi dengan Sudjiwo Tejo, saat tampil di hari pertama Flavs Festival 2022, Sabtu (10/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iwa K memberi kejutan perilisan karya baru di hari pertama gelaran musik Flavs Festival 2022, Sabtu (10/9/2022) petang di Istora Senayan, Jakarta. Dia membawakan karya yang digarap berkolaborasi dengan seniman kenamaan Sudjiwo Tejo saat tampil di panggung Rhyme & Grind Stage.

Rapper Indonesia dengan nama lengkap Iwa Kusuma itu mengenang ketika pandemi Covid-19 merebak dua tahun silam. Dia mengibaratkan dunia, bumi, dan semuanya seolah terhenti. Pengaruh pandemi pun mengimbas berbagai aspek, termasuk pertunjukan panggung. 

Baca Juga

"Satu yang gue percaya, kreativitas enggak pernah boleh berhenti. Beruntung pada waktu itu gue bertemu budayawan Indonesia yang sangat gue kagumi dan sayangi. Kami bikin satu lagu bersama. Sekarang baru ada kesempatan merilis single ini," ujar Iwa.

Lagu tersebut berjudul "Mampir Ngombe", istilah dalam bahasa Jawa yang artinya mampir minum. Lirik lagu yang mengombinasikan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia itu punya makna amat mendalam. Inti dari tembang tersebut yakni hidup hanya sementara, tidak lebih dari sekadar mampir minum.

Iwa terlihat sangat menjiwai saat membawakan lagu. Pada layar, ada rekaman video sosok Sudjiwo Tejo sedang melukis, merapal doa, minum, dan berbagai aktivitas lain. Aksi Iwa di panggung dan visual di layar berpadu sesuai lirik lagu yang disimak penonton dengan saksama.

Sepanjang penampilannya, Iwa juga menyanyikan deretan lagu lain yang sudah akrab dengan penonton. Rapper 51 tahun itu membuka pertunjukan dengan "Nombok Dong", berlanjut tembang lain yakni "D.M.M.T", "Topeng", "Cuma Ulat", dan "Kram Otak".

Pada jeda antarlagu, Iwa menceritakan sekelumit kisah di balik tembang yang dia bawakan. Iwa pernah merasa sendiri, seolah semesta meninggalkannya. Dia juga pernah merasa resah dengan masyarakat yang termarjinalkan. Berbagai rasa itu dia endapkan menjadi karya. 

Selain didampingi dua penyanyi latar selama penampilannya, Iwa juga berkolaborasi dengan penyanyi Beboy. Lagu "Ku Ingin Kembali", "Bebas", dan "Malam Indah" menjadi lebih meriah dengan tambahan vokal Beboy. "Terima kasih Flavs, akhirnya bisa guyub lagi. Terima kasih buat elo semua, bikin hiphop hidup lagi," kata Iwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement