Senin 12 Sep 2022 08:22 WIB

Rusak Dominasi Nadal-Federer-Djokovic, Petenis Nomor Satu Dunia Ini Baru Berusia 19 Tahun

Prestasi ini ia bukukan setelah meraih gelar juara US Open semalam.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Petenis Spanyol Carlos Alcaraz.
Foto: AP/Kirsty Wigglesworth
Petenis Spanyol Carlos Alcaraz.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Petenis Spanyol, Carlos Alcaraz keluar sebagai juara AS Terbuka 2022. Setelah di laga final menggulingkan Casper Ruud 6-4, 2-6, 7-6, 6-3 dalam tiga jam dan 20 menit untuk mahkota Major pertamanya pada usia 19 tahun dan empat bulan. Dengan demikian, Carlos menjadi pemenang turnamen Major termuda sejak Rafael Nadal di Roland Garros 2005.

Bintang super berbakat itu pun menjadi petenis nomor satu dunia termuda. Sejak dimulainya peringkat ATP pada tahun 1973. Carlos melakukan perjalanan yang mengesankan di New York, mengalahkan tiga rivalnya secara berturut-turut dalam lima set dan menang atas Ruud dalam empat set untuk menjadi pemenang AS Terbuka termuda setelah Pete Sampras.

Baca Juga

Alcaraz melepaskan 14 ace dan menangkis dua set point pada game ke-12 set ketiga yang krusial. Dia mengklaim tie break dan mengalahkan petenis Norwegia itu pada set keempat untuk jatuh ke tanah dan merayakan gelar.

Casper bermain lebih baik di belakang servis kedua dan mengklaim hanya lima poin lebih sedikit dari Carlos setelah penampilan yang solid di set kedua ketika ia berada di atas angin.

Kedua pemain memberikan tiga kali break servis, dan itu adalah pertarungan yang ketat dari awal hingga akhir, karena mereka berdua mengejar trofi Major pertama dan takhta ATP. Tim yang kembali kehilangan peluang mereka dalam pertandingan pembukaan pertemuan itu sebelum Alcaraz mengambil istirahat untuk 2-1.

Petenis Spanyol itu selamat dari peluang break di game empat untuk memastikan keunggulan dan melakukan servis dengan baik di sisa set untuk 6-4 setelah 49 menit. Ruud mengambil alih pada set kedua dan bermain baik di belakang servis kedua. Dia membangun keunggulan di game keenam dan menutup set dengan break lagi di game delapan untuk 6-2 dan dorongan besar di depan set nomor tiga.

Carlos merebut break awal di set ketiga, dan Casper menariknya kembali di game keempat untuk kedudukan 2-2. Keduanya melakukan servis dengan baik hingga game ke-12 ketika Alcaraz melakukan servis untuk bertahan di set untuk kedua kalinya.  Anak muda itu menangkis dua set poin dengan tenis yang berani untuk melakukan tie break dan mendapatkan dorongan.

Petenis Spanyol mengeklaim 7-1 untuk momentum besar dan dua set untuk satu keuntungan.  Alcaraz menghasilkan lima pegangan yang nyaman di set keempat dan menjaga tekanan di sisi lain. Dia mematahkan Ruud di game enam dan muncul di puncak dengan bertahan di game sembilan untuk mengangkat trofi dan menulis buku sejarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement