Selasa 13 Sep 2022 10:19 WIB

Apple: iOS 16 Kini Sudah Tersedia

Sistem perangkat iOS 16 dapat digunakan oleh iPhone 8 dan yang lebih baru.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Fitur-fitur baru di iOS 16.
Foto: apple
Fitur-fitur baru di iOS 16.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple Inc telah merilis sistem operasi baru iOS 16 ke publik. Versi ini bisa diunduh melalui pengaturan ponsel, mulai dari iPhone 8 dan yang lebih baru.

Caranya, buka aplikasi "Settings". Kemudian, ketuk "General", diikuti oleh "Software" dan “Update." 

Baca Juga

Tema iOS 16 adalah personalisasi. Apple mendesain ulang layar kunci iPhone untuk memberi Anda kontrol lebih besar atas antarmuka. 

Anda sekarang dapat mengubah jenis huruf dan warna aksen jam dan tanggal di layar agar lebih cocok dengan wallpaper Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan widget ke layar beranda dan mengubah informasi yang ditampilkan di bagian atas layar.

Selain itu, Anda juga memungkinkan untuk membuat beberapa layar kunci dan mengikatnya ke mode fokus tertentu. Apple melengkapi perubahan dengan pemberitahuan yang didesain ulang yang mendukung fitur yang disebut Live Activities yang memudahkan untuk melacak hal-hal seperti skor dan perjalanan Uber.

Dilansir Engadget, Selasa (13/9/2022), fitur baru penting lainnya termasuk kemampuan untuk mengedit dan membatalkan pengiriman pesan di iMessage. Anda juga dapat menandai teks sebagai belum dibaca untuk mengingatkan Anda agar membacanya nanti.

Di iPhone XS dan versi lebih baru, Anda dapat menggunakan aplikasi Foto untuk menyalin objek dari gambar dan menempelkannya di tempat lain tanpa latar belakang. Apple juga telah menambahkan dukungan untuk kunci sandi untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke kredensial online Anda. 

Kunci sandi akan berfungsi dengan produk non-Apple dan tersedia melalui iCloud Keychain. Satu hal yang perlu diperhatikan tentang pembaruan ini adalah iPadOS 16 akan tiba di kemudian hari untuk memberi Apple lebih banyak waktu untuk memoles fitur Stage Manager perangkat lunak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement