Selasa 13 Sep 2022 12:56 WIB

Dompet Dhuafa-PUM Gelar Pelayanan Kesehatan di Pelosok Kalteng

Kolaborasi DD dan PUM memudahkan masyarakat mendapat akses layanan kesehatan bermutu

Rep: Rossi Handayani/ Red: Gita Amanda
Sebagai upaya memberikan akses layanan kesehatan di wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) di Indonesia, Dompet Dhuafa melalui Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan PT Pagatan Usaha Makmur (PUM) menggelar Aksi Layanan Sehat. (Ilustrasi).
Sebagai upaya memberikan akses layanan kesehatan di wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) di Indonesia, Dompet Dhuafa melalui Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan PT Pagatan Usaha Makmur (PUM) menggelar Aksi Layanan Sehat. (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai upaya memberikan akses layanan kesehatan di wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) di Indonesia, Dompet Dhuafa melalui Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan PT Pagatan Usaha Makmur (PUM) menggelar Aksi Layanan Sehat (ALS) di di Jalan Perintis, Desa Subur Indah, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah.

Aksi layanan sehat yang berlangsung di wilayah pelosok ini bergulir selama dua hari, dari pada 8-9 September 2022. “Dibutuhkan waktu lima jam jalur darat untuk ke daerah Sampit dari Palangkaraya, Ibu kota Kalteng. Kemudian dilanjut dengan menggunakan perahu klotok atau perahu kayu bermesin selama lima jam menembus dua sungai besar, Mentaya dan Katingan melewati terusan atau sungai kecil untuk sampai di Desa Subur Indah. Tak jarang di sungai Mentaya ini ada buaya yang terlihat oleh warga. Ini merupakan base camp kami terakhir sekaligus juga kantor perwakilan PT Pagatan Usaha Makmur,” kata Senior Officer Layanan Kesehatan dan Respon Darurat Kesehatan LKC-DD Pusat, Roby Suryadi, dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.

Berbagai layanan kesehatan dihadirkan dalam kegiatan ini dengan sasaran lansia dan balita. Adapun layanan kesehatan pengobatan gratis yang digulirkan meliputi pemeriksaan dasar, pemeriksaan Penyakit Tidak menular (PTM), cek asam urat, kolesterol dan gula darah. Selanjutnya ada skrining tumbuh kembang bayi balita dan pemberian paket nutrisi serta hygiene kit, tidak ketinggalan juga ada promosi kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Akses pelayanan kesehatan yang belum merata di daerah dengan medan jangkauan yang cukup luas, fasilitas dan tenaga kesehatan yang terbatas, perlu upaya penjangkauan akses layanan kesehatan yang sifatnya mobile dan langsung berada di tengah masyarakat,” kata Roby.

Kolaboraksi Dompet Dhuafa dengan PT PUM berupaya menghadirkan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan akses layanan kesehatan bermutu dan berkualitas.

“PT Pagatan Usaha Makmur merupakan salah satu anak perusahaan dari Hutan Kencana group yang berlokasi di Kabupaten Katingan dan Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Hutan Kencana Group didirikan untuk mendukung upaya restorasi ekosistem, melindungi keanekaragaman hayati dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan. Salah satu program di masyarakat yang saat ini dilaksanakan dan bekerjasama dengan Dompet Dhuafa adalah Aksi Layanan Sehat atau ALS PLUM Project di desa-desa sekitar konsensi PT PUM,” kata Program Manager PT PUM, Imanuddin Utoro.

Selanjutnya, kegiatan ini mendapatkan tanggapan positif dari kepala puskesmas setempat dan mendukung serta mengapresiasi kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan oleh Dompet Dhuafa dan PT PUM ini.

“Kami tentu mendukung dan mengapresiasi, serta senang sekali dengan adanya bantuan dan kolaborasi yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa dan PT PUM untuk turut membantu dan mengadakan aksi layanan sehat di masyarakat setempat. Kedepannya kita akan bersama-sama meningkatkan kualitas kesehatan di masyarakat,” kata Kep Kepala Puskesmas Pagatan II Kecamatan Katingan Kuala, Rusli A.Md.

Kehadiran tim LKC-DD bersama dokter, perawat serta apoteker menjadi daya tarik bagi warga, sehingga warga dengan antusias berduyun-duyun menghampiri pelayanan kesehatan ini. Selama dua hari melangsungkan aksi layanan sehat, sebanyak 256 penerima manfaat terlayani oleh tim medis yang bertugas.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Dompet Dhuafa dan PT. Pagatan Usaha Makmur yang telah mengadakan pelayanan kesehatan keliling atau aksi layanan sehat gratis kepada masyarkat kami, harapan kami kegiatan ini bisa hadir kembali dan kami siap mendukung,” ucap Kepala Desa Kampung Keramat, Kecamatan Katingan, Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah, Suyanto SE.

Layanan kesehatan kali ini berkolaborasi dengan PT. PUM melalui program PLUM Project yang akan berlangsung di delapan desa, dua kabupaten dan direncanakan berlangsung selama enam bulan. Adapun wilayah yang akan dikunjungi meliputi Desa Makmur Utama, Jaya Makmur, Subur Indah, Bumi Subur, Bangun Jaya, Seat Bening, Satiruk dan Kampung Keramat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement