Rabu 14 Sep 2022 09:10 WIB

Muslim Norwich Dirikan Masjid di Norfolk

Masjid di Norfolk didirikan Muslim Norwich.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Muslim Norwich Dirikan Masjid di Norfolk. Foto:    Foto:  Masjid (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Muslim Norwich Dirikan Masjid di Norfolk. Foto: Foto: Masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,NORWICH — Sebuah masjid baru dan pusat komunitas Islam  didirikan di desa Norfolk, Norwich, Inggris. Para pengurus masjid pun berjanji akan menjadi  integral dari komunitas lokal. Seperti dilansir About Islam pada Rabu (14/9/2022) rencana pendirian masjid dan pusat Islam yang pertama di Norfolk itu terungkap setelah komunitas Muslim membeli sebuah bangunan dilelang seharga 263.000 poundsterling. 

Pihak penyelenggara atau pengurus masjid mengatakan banyak orang Muslim  yang tinggal di daerah itu namun tak ada masjid untuk melaksanakan ibadah berjamaah. 

Baca Juga

“Banyak profesional yang tinggal di daerah tersebut tidak memiliki tempat ibadah dan pusat ini akan mengisi kekosongan yang dibutuhkan untuk mendirikan sholat setiap hari dan menyediakan lingkungan belajar yang damai untuk generasi yang akan datang. Ada banyak keluarga Muslim yang tinggal di dan sekitar Hethersett, termasuk Wymondham, Cringleford, dan Eaton. Hethersett akan menyediakan tempat yang sangat nyaman jauh dari lalu lintas Norwich yang sibuk,” kata salah seorang penyelenggara pembangunan masjid di Norfolk. 

Penyelenggara berharap dapat menjadi bagian integral dari masyarakat setempat.“Kami akan terus berhubungan dengan tokoh masyarakat dan pemuka agama di daerah. Dan kami akan melakukan banyak kegiatan kesejahteraan sosial seperti hari terbuka untuk tetangga, bank makanan dan pakaian, ”kata mereka.

“Masjid akan menjadi tempat di mana berbagai komunitas dan minoritas dapat berkumpul untuk berbagi ide dan pemikiran, mengajukan pertanyaan, membuat rekomendasi, dan menyatukan masyarakat menuju isu-isu yang saling menguntungkan. Ini akan menarik lebih banyak profesional untuk pindah ke daerah ini karena sebagian besar fasilitas akan berada di dalam desa," tuturnya.

Menurut Sensus 2011, Norwich memiliki proporsi responden tertinggi di Inggris dan Wales yang melaporkan “tidak beragama”. Masoud Gadir, ketua Asosiasi Muslim Norfolk dan Norwich, mengatakan ada 5.000 Muslim di Norwich.

Perlu dicatat bahwa Norwich memiliki dua masjid lainnya yaitu Masjid Ihsan & Islamic Center, Masjid Pusat Norwich & Islamic Center. Ada juga Pusat komunitas Norwich & Nofolk Muslim Association (NNMA) di jantung kota Norwich.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement