Rabu 14 Sep 2022 20:48 WIB

Sederet Tantangan Graham Potter di Chelsea

Potter dianggap belum berpengalaman menukangi klub-klub besar.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih baru Chelsea, Graham Potter.
Foto: AP/Rui Vieira
Pelatih baru Chelsea, Graham Potter.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Graham Potter menjadi pilihan manajemen Chelsea untuk memimpin tim utama the Blues usai memecat Thomas Tuchel. Keraguan sempat mengiringi keputusan manajemen the Blues di bawah kendali salah satu pemilik anyar klub, Todd Boehly, untuk menunjuk pelatih berusia 47 tahun tersebut.

Keraguan ini berpangkal pada rekam jejak kepelatihan Potter. Pelatih asal Inggris itu dianggap belum berpengalaman menukangi klub-klub besar.

Baca Juga

Berbeda dari Tuchel, yang direkrut Chelsea usai sempat menangani Paris Saint-Germain, klub terakhir yang ditangani Potter adalah Brighton and Hove Albion. Meski berhasil finis di peringkat kesembilan Liga Primer Inggris musim lalu, the Seagulls terbilang tim papan bawah.

Pada empat musim awal sejak promosi dari Divisi Championship, the Seagulls tidak pernah finis lebih tinggi dari peringkat ke-15 Liga Primer Inggris. Sejak memulai kiprah sebagai pelatih pada 2008, Potter sempat menukangi Ostersund.

Keberhasilan membawa Ostersund itu promosi dari Divisi IV hingga kasta tertinggi Liga Swedia membuat Potter dilirik Swansea City pada 2018. Setahun menangani Swansea, Potter akhirnya hijrah ke Brighton and Hove Albion pada awal musim 2019/2020.

Kini, tantangan berbeda dan jauh lebih menanti Potter di the Blues. Menangani tim yang disokong dengan biaya jutaan poundsterling dari pemilik anyar tentu meningkatkan ekpektasi terhadap Potter.

Mantan pemain Birmingham City itu diharapkan bisa segera mengangkat performa Chelsea usai mengawali musim ini dengan catatan mengecewakan. Berdasarkan lansiran BBC, Rabu (14/9/2022), Potter memiliki setidaknya tiga tantangan besar dalam membesut kampiun Liga Champions musim 2020/2021 tersebut.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement