Jumat 16 Sep 2022 19:47 WIB

Sebuah Masjid di India Terendam di Sebuah Bendungan

Masjid tersebut tenggelam dalam waduk selama lebih dari 30 tahun.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Noori muncul ke permukaan setelah Bendungan Phulwaria, Bihar, sebuah negara bagian timur laut di India mengering.
Foto: Tangkapan layar YouTube Manmauji Baba
Masjid Noori muncul ke permukaan setelah Bendungan Phulwaria, Bihar, sebuah negara bagian timur laut di India mengering.

REPUBLIKA.CO.ID,NEW DELHI -- Kekeringan yang terjadi di India mengungkap adanya bangunan masjid yang terendam di sebuah bendungan. Masjid ini tenggelam dalam waduk selama lebih dari 30 tahun.

Masjid itu ditemukan di tengah sisa-sisa lumpur di Bendungan Dam Phulwaria. Sebuah foto menunjukkan bagaimana struktur kecil naik sekitar 30 kaki di atas tanah ke puncak kubahnya, dengan tiga pintu masuk gapura. Penduduk setempat menyebut masjid itu sebagai Masjid Noori, terendam setelah bendungan Phulwaria dibangun pada 1985.

Baca Juga

Sejak itu, seperti dilansir Newsweek, Selasa (13/9), bendungan telah digunakan untuk pertanian dan juga untuk memasok air ke desa. Namun, pembangunannya menyebabkan masyarakat terdekat melakukan evakuasi karena kenaikan permukaan air bendungan.

Penduduk setempat pindah ke tempat lain, tetapi masjid itu ditinggalkan di tempatnya berdiri, hingga akhirnya tenggelam di dalam bendungan. Pada tahun-tahun berikutnya, terkadang ujung bangunan masjid teratas itu dapat terlihat dari jauh.

Namun, tahun ini permukaan air di bendungan menurun signifikan karena adanya kekeringan, sehingga menampakkan bangunan masjid secara utuh. Penampakan masjid telah mendorong banyak orang untuk pergi dan melihatnya dari dekat, meski kondisi basah dan berlumpur. Bangunan itu benar-benar utuh meski terendam air selama beberapa dekade.

Usia pasti masjid telah menjadi diskusi di kalangan masyarakat tetapi tidak ada yang tahu pasti kapan waktu persis masjid itu dibangun. Beberapa kalangan mengatakan masjid itu dibangun pada awal 1900-an dan bisa berusia sekitar 120 tahun, berdasarkan arsitekturnya.

Sama seperti masa lalu masjid yang tidak pasti, demikian juga masa depannya. Tidak diketahui apakah sekarang dapat dipindahkan ke tempat lain atau dibiarkan diterapkan kembali ketika ketinggian air akhirnya meningkat. Untuk saat ini, kondisi kekeringan tetap terjadi di India.

Tahun ini cuaca ekstrem melanda banyak negara. Bencana banjir terjadi di Pakistan dan gelombang panas serta kekeringan memecahkan rekor di dunia barat. Di Amerika Serikat, bendungan Danau Mead yang menyusut telah mengungkapkan beberapa set sisa kerangka yang harus dinilai oleh otoritas lokal. Di Cina, kekeringan parah menunjukkan pangkal pulau batu kuno yang biasanya tenggelam di perairan danau air tawar terbesar di negara itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement