Sabtu 17 Sep 2022 16:50 WIB

Blackpink Sukses Pecahkan Rekor Ini Berkat Album Baru Born Pink

Karya baru Blackpink langsung melesat ke puncak tangga lagu negara-negara di dunia.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Album baru Blackpink Born Pink menjadi album pertama oleh artis wanita mana pun dalam sejarah Hanteo yang terjual lebih dari satu juta kopi pada hari pertama perilisannya. (ilutrasi)
Foto: YG Entertainment
Album baru Blackpink Born Pink menjadi album pertama oleh artis wanita mana pun dalam sejarah Hanteo yang terjual lebih dari satu juta kopi pada hari pertama perilisannya. (ilutrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Berselang satu hari sejak album baru grup K-pop Blackpink Born Pink dirilis, mereka telah membuat sejarah industri musik. Grup beranggotakan Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé itu merilis album studio kedua mereka yang telah lama ditunggu-tunggu pada Jumat (16/9/2022) pukul 13.00 waktu Korea.

Album baru itu menampilkan lagu utama “Shut Down”. Dilansir Soompi pada Sabtu (17/9/2022), karya baru grup bentukan YG Entertainment itu langsung melesat ke puncak tangga lagu musik di negara-negara di seluruh dunia, baik lagu maupun albumnya.

Baca Juga

Menurut Hanteo Chart, Born Pink terjual sebanyak 1.011.266 kopi hanya pada 16 September. Angka itu menjadikan Born Pink sebagai album pertama oleh artis wanita mana pun dalam sejarah Hanteo yang terjual lebih dari satu juta kopi pada hari pertama perilisannya.

Blackpink juga menjadi artis dengan penjualan hari pertama tertinggi ketiga secara keseluruhan, hanya dikalahkan oleh grup K-pop BTS dan Seventeen. Selain itu, Born Pink berhasil hampir menggandakan rekor penjualan hari pertama pribadi Blackpink sebesar 589.310 (ditetapkan oleh album full-length mereka sebelumnya The Album pada 2020).

“Sesuai dengan judulnya, album baru ini menggambarkan kepercayaan diri dari empat anggota yang unik sejak awal. Album ini akan melukiskan diskografi tim secara mendalam dengan warna musiknya yang unik,” kata agensi YG Entertainment dilansir Yonhap News.

Album ini memiliki delapan lagu, termasuk single utama "Shut Down" dan lagu prarilis "Pink Venom”. “Shut Down" berisi sampel "La Campanella," yang digubah oleh Niccolo Paganini (1782-1840), seorang pemain biola dan komposer legendaris Italia pada abad ke-19, yang dikombinasikan dengan irama hip-hop yang trendi.

“Pink Venom" telah menduduki puncak tangga lagu teratas iTunes di 75 negara di seluruh dunia setelah dirilis pada 19 Agustus lalu. Lagu itu tetap di puncak tangga lagu Global 200 Billboard AS selama dua pekan berturut-turut. Video musiknya melampaui 300 juta tampilan di YouTube pada Jumat (16/9/2022) pagi, atau hanya 28 hari setelah rilis.

Enam lagu lainnya adalah "Typa Girl”, "Hard to Love”, “The Happiest Girl”, "Tally”, "Ready For Love”, dan "Yeah Yeah Yeah”, sebuah lagu bergaya tahun 80-an dengan Jisoo dan Rosé berpartisipasi dalam menulis lirik. Setelah perilisan, Blackpink akan memulai tur dunia, yang dimulai dengan dua konser di Seoul pada 15-16 Oktober dan diperkirakan menarik total 1,5 juta penggemar di Amerika Utara, Eropa, Asia, dan Oseania.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement