Senin 19 Sep 2022 08:10 WIB

Guardiola Cukup Yakin Phillips Masih Bisa Tampil di Piala Dunia 2022

Jika ingin pulih sepenuhnya dari cedera, Phillips harus naik ke meja operasi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Manchester City, Kalvin Phillips, saat membela timnas Inggris.
Foto: EPA-EFE/Andy Rain
Gelandang Manchester City, Kalvin Phillips, saat membela timnas Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, MONZA -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, menilai Kalvin Phillips masih memiliki peluang untuk memperkuat timnas Inggris di putaran final Piala Dunia 2022, pada November. Saat ini, gelandang bertahan the Citizens itu diketahui kembali mengalami cedera bahu.

Ini merupakan cedera yang sempat dialami pemain berusia 26 tahun tersebut. Sempat mulai pulih cedera dan disertakan dalam skuad Man City kontra Borussia Dortmund, tengah pekan lalu, Phillips kembali menghilang dari skuad the Citizens, tepatnya saat membekuk Wolverhampton Wanderers, 3-0, Sabtu (17/9/2022) malam WIB.

Baca Juga

Guardiola pun mengungkapkan, cedera yang sempat dialami Phillips itu kembali kambuh. Satu-satunya cara untuk bisa sepenuhnya pulih dari cedera tersebut, Phillips harus naik ke meja operasi.

''Itu masalah yang sama seperti yang pernah dialaminya, cedera bahu. Mungkin, dia membutuhkan operasi medis dalam beberapa hari mendatang. Saat cedera yang Anda alami terus berulang selama tiga hingga empat kali, maka satu-satunya solusi adalah dengan operasi,'' ujar Guardiola seperti dikutip ESPN, Senin (19/9/2022).

Kondisi ini membuat Phillips terancam tidak bisa memperkuat timnas Inggris di putaran final Piala Dunia 2022, yang bakal digelar dua bulan lagi. Akibat cedera bahu tersebut, eks gelandang Leeds United itu terpaksa mundur dari pemusatan latihan timnas Inggris guna melakoni lanjutan UEFA Nations League, akhir bulan ini.

Kendati begitu, Guardiola masih menyimpan optimisme soal peluang Phillips untuk bisa tampil di Piala Dunia 2022. ''Saya tidak tahu (berapa lama Phillips akan absen). Saya bukan dokter. Namun, dia sepertinya sudah bisa pulih sebelum Piala Dunia. Saya rasa, peluang dia untuk tampil di Piala Dunia masih tetap ada,'' kata pelatih asal Spanyol tersebut.

Kiprah Phillips dalam musim debutnya bersama Man City masih terganggu permasalahan cedera bahu. Gelandang bertahan yang direkrut Man City dari Leeds dengan banderol transfer mencapai 42 juta poundsterling itu pada awal musim ini baru mengemas tiga partai di semua ajang, termasuk saat tampil selama satu menit di laga kontra Borussia Dortmund.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement