Senin 19 Sep 2022 10:18 WIB

Siang Ini, Dewan Pers Gelar Sholat Gaib untuk Azyumardi Azra

Sholat gaib untuk Azyumardi Azra akan digelar Dewan Pers.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil
 Siang Ini Dewan Pers Gelar Shalat Gaib untuk Azyumardi Azra. Foto:  Warga mengisi buku tamu saat bertakziah ke rumah duka almarhum Azyumardi Azra di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Ahad (18/9/2022) malam. Ketua Dewan Pers 2022 - 2025 Azyumardi Azra wafat di Malaysia karena serangan jantung dan juga positif COVID-19.
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Siang Ini Dewan Pers Gelar Shalat Gaib untuk Azyumardi Azra. Foto: Warga mengisi buku tamu saat bertakziah ke rumah duka almarhum Azyumardi Azra di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Ahad (18/9/2022) malam. Ketua Dewan Pers 2022 - 2025 Azyumardi Azra wafat di Malaysia karena serangan jantung dan juga positif COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dewan Pers akan menggelar sholat gaib untuk Ketua Dewan Pers almarhum Prof Azyumardi Azra di Hall Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta, Senin (19/9/2022) siang ini. Sholat gaib direncanakan didahului shalat dzuhur berjamaah dan bertindak selaku imam adalah KH Muhammad Cholil Nafis.

"Jadi hari ini betul ada sholat gaib untuk almarhum bersama teman- teman konstituen Dewan Pers," kata Wakil Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya saat dikonfirmasi, Senin (19/9/2022).

Baca Juga

Agung menjelaskan, untuk rencana kedatangan jenazah almarhum masih dalam pembicaraan pihak keluarga, apakah Senin malam ini atau Selasa (20/9/2022) pagi esok. 

"Takziyah sudah dari tadi malam kami di sana, rencana kedatangan almarhum masih sedang dalam pembicaraan keluarga apakah nanti malam ataukah bsok pagi Selasa," ujar Agung 

Agung mengatakan, setelah tiba di Indonesia, selanjutnya jenazah Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah ini langsung disemayamkan di Kampus UIN Ciputat. Kemudian  dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

"Setelah di kampus UIN baru kemudian bergeser dimakamkan ke TMP Kalibata," kata dia.

Sebelumnya, pihak keluarga juga menginformasikan bahwa jenazah almarhum Azyumardi Azra dijadwalkan tiba di Indonesia dari Malaysia baru pada Senin malam.

"Jadi, habis pengajian tadi info dari KBRI ada perubahan jadwal yang awal penerbangan pertama menjadi penerbangan terakhir, tetapi untuk prosedur pemakaman semua tidak ada perubahan," ucap Armia Putriana, selaku keponakan Azyumardi di rumah duka di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Ahad (18/9/2022) malam

"Insya Allah kalau tidak ada perubahan lagi hari Senin (19/9/2022) malam sekitar jam 11 malam sudah sampai ke Indonesia, disemayamkan terlebih dahulu di rumah. Hari Selasa (20/9) paginya disalatkan di UIN, pelepasan di UIN baru ke makam. Kami masih menunggu dari UIN apakah (disholatkan) di Masjid SC (StudentCenter) atau di auditorium," ucap dia.

Sementara untuk lokasi pemakaman, kata dia, tetap di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. "Masih, tidak ada perubahan, tetap di Taman Makam Pahlawan Blok Z. Perubahannya hanya waktu, mohon doanya semoga tidak ada perubahan lagi," kata Armia.

Azyumardi mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, kemarin pukul 12.30 waktu setempat. Mantan Rektor UIN Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9/2022) akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement