Selasa 20 Sep 2022 00:25 WIB

Tiga Dusun di Bengkulu Utara Terisolasi Akibat Banjir

Jembatan putus tersebut terjadi pada Ahad (18/9/2022) sekitar pukul 17.00 WIB.

Red: Agus raharjo
Warga menyaksikan jembatan yang putus akibat tergerus banjir di Desa Pakuli, Gumbasa, Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (6/9/2022). (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Basri Marzuki
Warga menyaksikan jembatan yang putus akibat tergerus banjir di Desa Pakuli, Gumbasa, Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (6/9/2022). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU UTARA--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu menyatakan curah hujan yang terjadi sejak beberapa hari lalu menyebabkan banjir di wilayah itu. Akibatnya, satu jembatan putus dan tiga dusun di Kabupaten Bengkulu Utara terisolasi.

Sekretaris BPBD Provinsi Bengkulu Khristian Hermansyah mengatakan lokasi terjadinya jembatan putus dan dusun terisolasi berada di Desa Gembung Raya, Kecamatan Pinang Raya, Kabupaten Bengkulu Utara. "Memang benar berdasarkan laporan dari BPBD di Kabupaten Bengkulu Utara, hingga saat ini tiga dusun tersebut masih terisolasi," kata Khristian, di Kota Bengkulu, Senin (19/9/2022).

Baca Juga

Ia menjelaskan jembatan putus tersebut terjadi pada Ahad (18/9/2022) sekitar pukul 17.00 WIB, tidak ada korban jiwa. Namun, sebanyak 34 kepala keluarga (KK) terisolasi akibat jembatan putus dan dua rumah warga terendam banjir.

Kronologis kejadian tersebut terjadi ketika hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa hari dan mengakibatkan air sungai Gembung meluap. Sehingga menyebabkan satu buah jembatan sepanjang 20 meter putus dan hanyut terbawa arus sungai.

Dengan putusnya jembatan yang merupakan akses warga tiga dusun di Desa Gembung Raya menuju ke pusat desa, sehingga warga tidak dapat keluar desa. Saat ini, BPBD terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bengkulu Utara, pemerintah desa Gembung Raya, pihak Kecamatan Punang Raya, Babinsa dan Babinkamtibmas setempat terkait kondisi masyarakat desa tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement