Senin 19 Sep 2022 16:34 WIB

Nasdem Apresiasi Anies Siap Capres: Berani dan Jujur

Anies secara tidak langsung membuka ruang publik untuk sampaikan masukan dan kritik.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem - Ahmad M. Ali
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem - Ahmad M. Ali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali mengapresiasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyatakan siap menjadi calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Menurutnya, langkah tersebut menunjukkan sikap yang berani dan jujur.

"Kenapa saya apresiasi, kemarin Pak Anies di awal menyatakan bersedia maju sebagai capres, itu bagi saya adalah berani, jujur, dan kemudian memberikan kesempatan kepada masyarakat," ujar Ali saat dihubungi, Senin (19/9).

Anies, jelas Ali, secara tidak langsung sudah membuka ruang publik untuk menyampaikan masukan dan kritik untuknya jelang Pilpres 2024. Gubernur DKI Jakarta itu juga telah membuka kesempatan bagi partai politik untuk melihat rekam jejaknya.

"Ya artinya, dia sudah akan melepas masa jabatannya, sudah disetujui oleh DPR dan kemudian dia menyatakan mendeklarasikan bahwa 'saya siap mencalonkan diri sebagai capres', ketika diusung oleh partai politik," ujar Ali.

Seharusnya, langkah tersebut diikuti oleh sosok-sosok lain yang santer dikabarkan ingin maju sebagai capres. "Jangan mau nyapres, tapi malu-malu kucing," ujar Ali.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku, belum ada partai politik yang memanggil atau mengusungnya untuk menjadi calon presiden pada Pemilu 2024. Namun demikian, Anies menuturkan akan melaksanakan tugas jika dirinya dipanggil untuk bertarung memperebutkan kursi presiden.

"Kalau ada panggilan kita tunggu sekarang belum ada panggilannya. Saya tuntaskan dulu tugas hingga selesai, setelah itu jangan dibalik seakan-akan saya yang dibalik, bukan," kata Anies saat meresmikan Taman Literasi Christina Martha Tiahahu di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Ahad (18/9/2022).

Anies menjelaskan, masa jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta tersisa tinggal sebulan. Setelah itu, dirinya akan mempersiapkan langkah selanjutnya termasuk perkembangan terkait calon presiden.

Anies mengungkapkan, dirinya selalu siap terlibat dalam seluruh kegiatan atau panggilan tugas, terlebih untuk kebaikan masyarakat. "Setiap kali ada panggilan tugas, yaitu untuk kebaikan masyarakat, untuk kebaikan semua maka saya selalu katakan siap," ujar Anies.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement